Keren! Ini 9 Suku Asli di Pulau Kalimantan, Salahsatunya Suku Bugis Pagatan

Keren! Ini 9 Suku Asli di Pulau Kalimantan, Salahsatunya Suku Bugis Pagatan

Keren! Ini 9 Suku Asli di Pulau Kalimantan, Salahsatunya Suku Bugis Pagatan--

PAGARALAMPOS.COM - Keren! Ini 9 Suku Asli di Pulau Kalimantan, Salahsatunya Suku Bugis Pagatan

Berbicara mengenai Kalimantan, tentu ada yang menarik di pulau terbesar Indonesia ini. Yaitu suku yang mendiami pulau ini. 

Tak mengherankan jika pulau ini dihuni oleh berbagai suku asli Kalimantan. Suku apa saja itu?

Di bawah ini akan diulas suku – suku yang mendiami Pulau Kalimantan.

BACA JUGA:Wajib Dikunjungi, 5 Suku di Tanah Papua Akan Memperlakukan Kalian Seperti Ini?

Yang mana adat istiadat serta budaya masih mereka lestarikan secara turun – temurun. Dan mereka hidup berdampingan dengan damai bersama suku lainnya.

Inilah 9 suku yang ada di Pulau Kalimantan yang wajib anda ketahui!

Suku Hakka

Suku Hakka di Kalimantan banyak berdomisili di Kota Singkawang. Yang merupakan kawasan pecinan di Indonesia, dengan penduduknya adalah orang Hakka. Populasi Suku Hakka terus mengalami peningkatan setiap tahun. Dan pada tahun 2011, tercatat jumlah Suku Hakka adalah 246.306 jiwa.

BACA JUGA:Memiliki Kisah yang Panjang, Inilah 3 Suku Tertua Asli Papua Barat Menjadi Bagian Penting Kekayaan Indonesia

Kota Singkawang sendiri merupakan kota di Kalimantan Barat yang dikelilingi oleh pegunungan Sakok, Poteng, dan Pasi. Bahkan, nama “Singkawang” pun berasal dari bahasa Hakka, yaitu “San Khew Jong”. Dimana bahasa ini mengacu pada sebuah kota di bukit dekat laut dan estuari.

Bahasa Hakka adalah bahasa yang sering digunakan Suku Hakka dalam kegiatan sehari – hari. Dimana bahasa ini terdapat dua dialek, yaitu Dialek Meixian dan Dialek Lufeng. Bahkan, bahasa Hakka juga digunakan oleh orang – orang di Aceh, Belitung, Jakarta, dan Pontianak.

Bugis Pagatan

Suku Bugis ternyata tidak hanya ada di Sulawesi, tapi juga ada di Kalimantan. Tepatnya adalah Suku Bugis Pagatan, yang merupakan keturunan diaspora suku Bugis dari Sulawesi Selatan. Diberi nama “Pagatan” pada akhir nama Bugis karena suku ini mendiami Desa Pagatan, Kusan Hilir, Tanah Bumbu, dan sekitarnya. Di Kalimaantan Selatan, Suku Bugis Pagatan mendiami Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: