TNI Miliki Tank Arisgator, Yuk Intip Ketangguhannya Dilaut dan Darat

TNI Miliki Tank Arisgator, Yuk Intip Ketangguhannya Dilaut dan Darat

Foto : Tank Arisgator milik TNI.--Google.com

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Jangan salah kira ya, alutsista tank TNI tidak hanya tangguh dimedan darat.

Dalam latihan perang, alutsista ini kerap digunakan. Kendaraan rantis tempur didesain mampu menguasai darat dan laut, oleh karenanya hingga saat ini dikenal juga tank amfibi.

Salah satu cara yang dilakukan untuk memperkuat TNI di laut terbuka adalah rutin melakukan latihan perang. 

Untuk memperkuat kekuatannya dalam latihan perang ini dihadirkannya tank Arisgator. Supaya bisa lebih tahu mengenai kekuatan tank tersebut, simak uraian dibawah ini.

BACA JUGA:Tank Leopard 2RI, Mesin Perang Canggih Disebut Predator

Tank Arisgator merupakan salah satu tank amfibi yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat. Tank tersebut buatan Amerika Serikat dan menjadi pengembangan dari tank-tank yang sebelumnya sudah dimiliki oleh TNI Angkatan Darat yaitu M113.

Sebagai salah satu tank amfibi, Arisgator bisa didaratkan oleh LST TNI Angkatan Darat dari laut tanpa harus lebih dulu berlabuh di pelabuhan tertentu. 

Jadi, tank ini bisa mendarat asalkan mendapatkan pantai yang bisa didarati. Jenis tank satu ini juga bisa berenang dengan sangat cepat setelah keluar dari kapal. 

Setelah itu, akan memasuki daratan untuk menggempur posisi musuh.

BACA JUGA:Harimau Medium Tank Pindad Ternyata Dilirik Mancanegara, Telah Diorder 18 Unit

Bisa dibilang kehadiran tank ini bisa memperkuat kekuatan yang dimiliki oleh TNI. 

Setidaknya TNI AD telah membeli sekitar 200 unik tank tersebut dan tela dioperasikan di Indonesia. Dalam hal persenjataan Arisgator ini dibekali dengan senapan mesin M2HB atau pelontar granat 40mm Mk19 Mod 0.

Ketika dalam kondisi yang cukup berat, Arisgator ini tetap saja gesit di laut terbuka. Bahkan kecepatan yang digunakan maksimal 6 Knot (11 Km/jam). Jika digunakan di darat, Arisgator bisa dipacu hingga 60 Km/jam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: