Wah Jarang Diketahui, Ternyata Kunyit Miliki Banyak Manfaat untuk Lancarkan Haid

Wah Jarang Diketahui, Ternyata Kunyit Miliki Banyak Manfaat untuk Lancarkan Haid

Ternyata Kunyit Miliki Banyak Manfaat untuk Lancarkan Haid -Foto: ist-

PAGARALAMPOS.COM - Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Tak heran jika khasiatnya sudah dikenal sejak lebih dari 4.000 tahun lalu. 

Wanita Indonesia mengenal kunyit sebagai ramuan yang ampuh antara lain untuk membantu melancarkan haid. Minuman kunyit pun menjadi andalan banyak wanita ketika sedang menstruasi.

Namun, apa yang membuat ramuan kuno satu ini begitu dipercaya sebagai penyelamat bagi wanita yang sedang haid? Simak baik-baik berbagai manfaat alami kunyit untuk wanita haid berikut ini.

Manfaat kunyit untuk wanita haid

BACA JUGA: Bukan Pixie Doang! 5 Hair Style ini Bakalan Bikin Kamu Tampil Keren Di 2023

Walaupun kemampuan kunyit untuk melancarkan menstruasi belum terbukti, terdapat beberapa manfaat kunyit untuk haid, yaitu:

1. Mengurangi kram perut

Kram perut merupakan gejala yang umum terjadi selama atau sebelum menstruasi. Dalam Journal of the Medical Association of Thailand, sebuah penelitian dilakukan pada hewan untuk memahami efek antispasmodik yang dimiliki kunyit.

Hasil menunjukkan bahwa kandungan kurkuminoid dalam kunyit dapat membantu menghambat kontraksi dan mengendurkan otot polos usus ataupun rahim. Hal ini bermanfaat dalam mengurangi kram perut akibat menstruasi.

BACA JUGA:Banyak Tidak Diketahui, Ada Pejuang Musuh Membelot Demi Memerdekan Indonesia

2. Mengatasi mood swing

Perubahan hormon saat wanita mengalami menstruasi bisa menyebabkan mood swing atau perubahan suasana hati yang berlangsung dengan cepat. 

Namun, kurkumin dalam kunyit dapat mempengaruhi bahan kimia otak yang berguna untuk mengelola suasana hati, gangguan tidur, dan gejala seperti depresi yang terkait dengan menstruasi.

3. Meredakan kembung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: