Jangan Keliru! Ternyata ini 5 Penyebab Darah Haid Berwarna Hitam

Jangan Keliru! Ternyata ini 5 Penyebab Darah Haid Berwarna Hitam

Jangan Keliru! Ternyata ini 5 Penyebab Darah Haid Berwarna Hitam -Foto: ist-

PAGARALAMPOS.COM - Wanita yang sedang menjalani masa haidnya, mungkin akan merasa khawatir, ketika melihat darah haid yang keluar berwarna hitam. 

Sebab, warna hitam seringkali dikaitkan dengan "kotor". Apakah benar, darah haid hitam, mengindikasikan kondisi medis serius?

Perlu diketahui, warna darah menstruasi seorang wanita sangatlah penting untuk memberikan informasi tentang kesehatan organ reproduksi maupun kesehatan secara keseluruhan.

 Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengenali penyebab warna darah haid hitam.

Warna darah haid bisa beragam, mulai dari merah, coklat, hingga hitam. Sebagian menunjukkan adanya masalah pada organ reproduksi seperti infeksi, namun sebagian lagi merupakan hal yang normal terjadi. 

BACA JUGA:Benarkah Nyeri Haid Bisa Bikin Susah Hamil? Yuk Simak Penjelasannya Disini

Berikut penyebab darah haid bisa berwarna hitam yang perlu diketahui:

1. Akhir Periode Haid

Dijelaskan oleh dr. Theresia Rina Yunita, warna darah yang keluar sepanjang siklus menstruasi memang sangat beragam.

“Darah haid warna hitam bisa terjadi karena darah cukup lama berada di dalam rahim. biasanya karena sudah menjelang akhir masa haid, maka darah yang keluar berwarna hitam,” jelasnya.

Semakin lama waktu yang dibutuhkan darah untuk keluar dari tubuh, maka semakin banyak waktu darah teroksidasi, sehingga berubah warna menjadi hitam. Kamu tidak perlu cemas, menurut Dokter There, kondisi ini normal dan tidak berbahaya bagi tubuh, kok!

BACA JUGA:Kok Bisa Sering Keputihan Sebelum Haid? Yuk Simak 3 Penyebabnya

2. Rahim Tidak Berkontraksi dengan Baik

Dikutip dari Cleveland Clinic, darah haid berwarna hitam dan menggumpal bisa disebabkan oleh rahim yang tidak bekerja dengan benar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: