Suku Pasemah Vs Suku Semende, Manakah yang Lebih Tua?

Suku Pasemah Vs Suku Semende, Manakah yang Lebih Tua?

Suku Pasemah Vs Suku Semende--

PAGARALAMPOS.COM – Dalam antropologi, suku adalah sebuah kelompok sosial manusia. 

Pengertian yang tepat mengenai apa yang merupakan suku berbeda di antara para antropolog dan istilah itu sendiri dianggap kontroversial di kalangan sebagian cendekiawan karena hubungannya dengan kolonialisme.

 Indonesia dengan julukannya sebagai 'negara seribu kepulauan' memang memiliki beragam jenis suku, bahasa, tradisi, dan agama. 

Dengan keberagaman tersebut Indonesia memiliki lebih dari 1.340 suku yang tersebah disetiap daerah.

BACA JUGA:Karena Serakah! Pria ini Dikutuk Menjadi Batu Oleh Pendekar Si Pahit Lidah!

Salahsatunya adalah, suku yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Tercatat, di Sumsel ada 12 suku besar yang sudah banyak dikenal, belum lagi dengan suku-suku yang belum banyak diketahui orang.

Kalian ingin tahu suku apa saja yang ada di Sumsel?. Nah berikut ini kami sajikan beberapa suku yang ada di Sumsel, Simak ya!

1. Suku Pasemah

Suku Pasemah adalah suku yang mendiami wilayah kabupaten Empat Lawang, kabupaten Lahat, Ogan Komering Ulu, dan di sekitar kawasan gunung berapi yang masih aktif, gunung Dempo Kota Pagar Alam. Suku bangsa ini juga banyak yang merantau ke daerah-daerah di provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Bukan hanya Pendekar Sakti, Ternyata Si Pahit Lidah Tetap Memegang Teguh Keimanan!

Menurut sejarah, suku ini berasal dari keturunan Raja Darmawijaya (Majapahit) yang menyeberang ke Palembang (pulau Perca). Suku ini banyak yang tersebar di pegunungan Bukit Barisan, khususnya di lereng-lerengnya. 

Menurut mitologi nama Pasemah berasal dari kata Basemah yang berarti berbahasa Melayu. Hasil utama masyarakat suku ini ialah kopi, sayur-sayuran dan cengkeh dengan makanan pokoknya ialah beras.

2. Suku Semendo

Suku Semendo berada di Kecamatan Semendo, Kabupaten Muara Enim, Propinsi Sumatera Selatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: