WOW! Penemuan Harta Karun Tempayan Perunggu Hebohkan Warga Pagar Alam, Dimana Lokasinya?

WOW! Penemuan Harta Karun Tempayan Perunggu Hebohkan Warga Pagar Alam, Dimana Lokasinya?

Bukit beranting lokasi ditemukanya tempayan perunggu-pidi-pagaralampos.com

PAGARALAMPOS.COM - Warga Dusun Talang Darat, Kelurahan Burung Dinang, Kecamatan Dempo Utara menemukan benda yang diduga harta karun. Lokasi penemuan berada di kawasan hutan lindung Bukit Beranting.

“Ada salahsatu penduduk kami yang mengaku menemukan harta karun. Belum lama, sekitar dua pekan lalu ketika sedang berburu,” ucap Suwanto, mantan Ketua RW 01 Dusun Talang Darat, ditemui Pagaralam Pos, di kawasan Gunung Gare, kemarin. 

Menurut Wanto, harta karun tersebut berbentuk tempayan terbuat dari tembaga. Lokasinya di tengah kawasan hutan lindung Bukit Beranting. Saat ditemukan, katanya, tempayan ini nyaris tertimbun tanah.

Hanya permukaannya saja yang terlihat digenangi air hujan. “Karena berada di hutan, maka penduduk itu nyebutnya harta karun,” kata Wanto.

BACA JUGA:Si Pahit Lidah Sang Pendekar Legendaris Sumatera Selatan!

Berada di tengah Hutlin, membuat penduduk Talang Darat tersebut enggan untuk membawanya pulang ke rumah. Sekedar untuk difoto pun tidak dilakukannya.

“Dia (penemu) tidak berani,” ujarnya. 

Lurah Burung Dinang Franses Jhoniko SE mengatakan, pihaknya belum mendapatkan laporan mengenai temuan harta karun di kawasan Hutlin Bukit Beranting.

Dirinya belum bisa memberikan komentar panjang lebar.

BACA JUGA:Si Pahit Lidah VS Si Mata Empat, Pertarungan Pendekar Legendaris Sumatera Selatan!

Terpisah, Staf Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi, A Rivai belum bisa memastikan benda yang diduga sebagai harta karun tersebut.

“Untuk memberikan komentar, kami perlu melihat benda itu secara langsung,” jawab Rivai, dihubungi lewat telepon, kemarin.

Meskipun demikian, Rivai mengimbau kepada penduduk untuk tidak memindahkan benda tersebut dari lokasinya. Siapa tahu ujar Rivai, di sekitarnya masih ada benda-benda lainnya yang bisa jadi merupakan tinggalan dari zaman dulu.

“Secepatnya kami akan gali informasinya. Kalau diperlukan, kami akan cek ke lokasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: