Mengenal 8 Peran Penting Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal 8 Peran Penting Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh

Kamu Harus Tau! Ternyata Ini dia 8 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah tanaman yang terkait dengan peterseli, wortel, dan seledri, dan biasanya digunakan dalam bentuk biji dan daun untuk memberikan rasa pada makanan.

Mengutip Data Komposisi Pangan Indonesia, ketumbar mengandung berbagai nutrisi penting seperti kalsium, zat besi, kalium, zinc, beta karoten, vitamin B1, dan vitamin B2.

Manfaat kesehatan ketumbar meliputi:

1. Melawan Infeksi

Mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi bakteri seperti Salmonella. Studi pada biji ketumbar juga menunjukkan kemampuannya melawan bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

BACA JUGA:Tahukah Kamu Dibalik Kehangatannya Ternyata Wedang Jahe Miliki Ragam Manfaat untuk Kesehatan Loh!

BACA JUGA:Inilah Manfaat Baik Untuk Kesehatan Jika Kamu Suka Konsumsi Yogurt

2. Mengatasi Permasalahan Kulit

Ekstrak biji dan daun ketumbar dapat digunakan untuk mengatasi ruam ringan, penuaan dini, dan jerawat. Beberapa penelitian juga menyebutkan kemungkinan penggunaan ekstrak ketumbar untuk mengobati ruam popok bayi.

3. Meredakan Gejala Sakit Kepala

Air rebusan ketumbar yang dihaluskan telah terbukti membantu meredakan migrain dalam beberapa penelitian. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan manfaat ini.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan antiperadangan dalam ketumbar diyakini bermanfaat untuk melindungi otak dari gangguan seperti penyakit Parkinson, Alzheimer, dan multiple sclerosis. Namun, penelitian pada manusia masih diperlukan.

BACA JUGA:Tahukah Kamu Dibalik Kehangatannya Ternyata Wedang Jahe Miliki Ragam Manfaat untuk Kesehatan Loh!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: