Mengenal Lebih Dekat Suku Bugis

Mengenal Lebih Dekat Suku Bugis

Mengenal Lebih Dekat Suku Bugis--

PAGARALAMPOSMCOM - Suku Bugis adalah kelompok etnis yang menempati wilayah Sulawesi Selatan.

Selain penduduk asli Sulawesi Selatan, pendatang dari Melayu dan Minangkabau yang merantau ke wilayah ini sejak abad ke-15 juga dikategorikan masuk ke dalam kelompok etnis Suku Bugis.

Selain Sulawesi Selatan, orang Bugis juga tersebar di beberapa wilayah lain, antara lain Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Papua, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, dan DKI Jakarta.

Suku Bugis memiliki jiwa merantau. Selain merantau ke wilayah lain di dalam negeri, banyak dari mereka juga merantau ke negara lain, misalnya Malaysia dan Singapura.

BACA JUGA:Harga Telur di Palembang Diprediksi Turun Usai Idul Adha

Suku Bugis yang merantau tersebut kemudian menetap dan beranak pinak di negara tujuan.

Asal Usul Suku Bugis

Nenek Moyang Suku Bugis berasal dari suku Melayu Deutero atau Melayu Muda.

Kelompok etnis ini masuk ke tanah air melalui daratan Asia, yaitu semenanjung Yunan. Nama Bugis berasal dari kata To Ugi yang berarti orang Bugis.

BACA JUGA:KEREN! Rumah Kaki Seribu Khas Suku Arfak

“Ugi” merujuk pada raja pertama dari Kerajaan Cina yang ada di Pammana, Kabupaten Wajo. Raja tersebut bernama La Sattumpugi.

Orang Bugis memiliki kecenderungan menamakan diri mereka berdasarkan nama pemimpin mereka. Oleh sebab itu terbentuklah kata To Ugi yang berarti pengikut Raja La Sattumpugi.

Raja La Sattumpugi memiliki keturunan bernama La Galigo. Ia adalah seorang penulis dengan karya sastra besar di dunia, jumlahnya lebih dari 9.000 halaman.

Karya yang terkenal antara lain Sawerigading Opunna Ware, artinya Yang Dipertuan di Ware. Karya ini berisi tentang tradisi masyarakat Bugis.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Suku Minangkabau, Budaya Hingga Pradabannya

Perkembangan Suku Bugis

Kelompok etnis Bugis mengalami perkembangan dan membentuk beberapa kerajaan. Beberapa kerajaan pada masa Bugis klasik diantaranya adalah Kerajaan Bone, Wajo, Luwu, Suppa, Sopoeng, Sawitto, Sidenreng, dan Rappang.

Kelompok masyarakat ini membentuk bahasa beserta aksaranya, kebudayaan dan pemerintahan mandiri.

Sejarah Kerajaan Suku Bugis

BACA JUGA:Asal Mula Suku Kisam, Budaya dan Agamanya

Kerajaan tertua di Sulawesi Selatan adalah Kedatuan Luwu. Kerajaan ini menjadi asal dari kerajaan-kerajaan lain di Sulawesi Selatan yang kemudian menjadi kerajaan-kerajaan besar, seperti Kerajaan Bone dan Kerajaan Gowa.

Selain 2 kerajaan besar tersebut, ada pula Kerajaan Mandar, Rappang, Sidenreng, Wajo, dan Soppeng.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: