Mengenal Lebih Dekat Suku Komering! Ternyata Terbagi 2 Suku

Mengenal Lebih Dekat Suku Komering! Ternyata Terbagi 2 Suku

Mengenal Lebih Dekat Suku Komering! Ternyata Terbagi 2 Suku--

PAGARALAMPOS.COM - Suku Komering adalah salah Suku di Provinsi Sumatera Selatan dimana letak wilayahnya ada di sepanjang sungai Komering. 

Nama Komering itu sendiri diangkat dari nama Way atau disebut juga sebagai Sungai yang ada di Sumatera Selatan dimana sungai tersebut menunjukkan daerah kekuasaan Komering 

Suku Komering ini ciri khasnya adalah cara bicaranya yang "ngegas". Ngegas dalam artian Suku Komering adalah memiliki suara yang tegas, jelas, lantang, dan lugas. Akan tetapi, pengertian dari suku lain berasumsi bahwa ngegas adalah persepsi yang negatif.

Bahasa Komering (Surat Ulu: ꤷꥁꤼ ꤰꥋꤸꥉꤽꥇꥏ, Jawi: بهاس كومريڠ) adalah sebuah bahasa yang dituturkan oleh Suku Komering. Beberapa linguis menyatakan bahwa bahasa Komering merupakan dialek dari bahasa Lampung.

BACA JUGA:Sejarah Suku Majapahit! Bukan Dibali Saja, Ada di Sumsel

Suku Komering telah lama mendiami Sumatera Selatan yang menyebar menyusuri sungai-sungai di Sumatera Selatan. Suku Komering memiliki bahasa yang unik, bahasanya disebut bahasa Komering dan memiliki rumah adat yakni rumah ulu dan rumah gudang.

Rumah Ulu ini merupakan rumah rakyat yang tinggal di pedalaman Sumatra Selatan yang memiliki corak agraris. Terbuat dari kayu dan berbentuk rumah panggung untuk menghindari dari pasang air dan juga menghindari binatang buas.

umah Pangeran Djaja Pati Kerama Djaya terletak di Kota Kayu Agung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. Rumah ini didirikan pada tahun 1925.

Suku Komering terbagi atas dua kelompok besar. Komering Ilir yang tinggal di sekitar Kayuagung dan Komering Ulu yang tinggal di sekitar kota Baturaja.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Game Seru dan Populer di Ponsel Android

Komering merupakan salah satu suku atau wilayah budaya di Sumatra Selatan, yang berada di sepanjang aliran Sungai Komering. 

Seperti halnya suku-suku di Sumatra Selatan, karakter suku ini adalah penjelajah sehingga penyebaran suku ini cukup luas hingga ke Lampung. 

Suku Komering terbagi atas dua kelompok besar: Komering Ilir yang tinggal di sekitar Kayu Agung dan Komering Ulu yang tinggal di sekitar kota Baturaja.

Suku Komering terbagi beberapa marga, di antaranya marga Paku Sengkunyit, marga Sosoh Buay Rayap, marga Buay Pemuka Peliyung, marga Buay Madang, dan marga Semendawai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: