Presiden Jokowi Pimpin Dua Pertemuan di Hari Terakhir KTT ke-42 ASEAN 2023

Presiden Jokowi Pimpin Dua Pertemuan di Hari Terakhir KTT ke-42 ASEAN 2023

Presiden RI Pimpin Dua Pertemuan di Hari Terakhir KTT ke-42 ASEAN 2023-tangkapan layar-kemenparekraf.go.id

Labuan Bajo, PAGARALAMPOS.COM - Hari terakhir pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023, Presiden RI Joko Widodo akan memimpin dua dari tiga pertemuan yang digelar hari ini, Kamis 11 Mei 2023. 

Hal itu disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

“Hari ini merupakan hari kedua dan terakhir dari KTT ke-42 ASEAN di mana akan berlangsung tiga pertemuan,” ujar Teuku Faizasyah, Kamis (11/5/2023).

Dua pertemuan yang akan dipimpin Presiden RI adalah Sesi Retreat dan KTT Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT). 

BACA JUGA:Semendo Salah Satu dari 5 Suku Asli Sumatera Selatan, Ternyata Berasal Dari Banten

BACA JUGA:Penyegaran, Panglima TNI Mutasi 18 Pati, Cek Siapa Saja Mereka

Sementara satu pertemuan, yaitu Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) akan dipimpin oleh Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim karena keketuaan BIMP-EAGA saat ini dipegang oleh Malaysia. Ketiga pertemuan akan berlangsung di Hotel Meruorah, Labuan Bajo.

Seperti diketahui, hari pertama pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN 2023, Presiden Joko Widodo telah memimpin lima pertemuan yaitu Opening and Plenary Session, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Pemuda ASEAN, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), dan Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan High-Level Task Force on ASEAN Community’s Post-2025 Vision (HLTF-ACV). 

BACA JUGA:5 Suku di Provinsi Sumatera Selatan, Satu Diantaranya Miliki Hubungan Erat Dengan Suku Batak

BACA JUGA:Telat Haid Belum Tentu Hamil, Yuk Kenali Gejala Awal Tanda kehamilan Sejak Awal

Keseluruhan rangkaian KTT ke-42 ASEAN 2023, yang dihadiri delapan pemimpin negara ASEAN, Sekjen ASEAN, dan Perdana Menteri Timor Leste, akan ditutup dengan konferensi pers oleh Presiden Joko Widodo di Media Center, Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Kamis 11 Mei 2023. 

Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN adalah pertemuan puncak antara pemimpin-pemimpin negara anggota ASEAN dalam hubungannya terhadap pengembangan ekonomi dan budaya antar negara-negara Asia Tenggara. Sejak dibentuknya ASEAN telah berlangsung 41 kali KTT resmi, 4 KTT tidak resmi, dan 1 KTT Luar Biasa.

BACA JUGA:Wah! Bisa Dapat Saldo DANA Gratis Rp 1 Juta Setiap Hari, Ini Aplikasinya!

BACA JUGA:Berikut Drone Operasi Militer Indonesia, Ada Sebagai Penjelalah Bawah Laut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenparekraf.go.id