Waspada! Ternyata Begini 4 Cara Penularan Sifilis yang Wajib Kamu Ketahui

Waspada! Ternyata Begini 4 Cara Penularan Sifilis yang Wajib Kamu Ketahui

Waspada! Ternyata Begini 4 Cara Penularan Sifilis yang Wajib Kamu Ketahui -Foto: net-

Tak hanya orang dewasa, bayi ternyata juga menjadi kelompok individu yang mungkin  mengalami sifilis.

Hal ini bisa terjadi ketika ibu hamil terinfeksi bakteri penyebab sifilis. Sebagian besar bayi membawa penyakit ini saat masih di dalam kandungan, tetapi ada juga bayi yang tertular sifilis selama proses persalinan.

Penyebabnya karena bayi bersentuhan langsung dengan luka sifilis yang ada di organ intim ibu.

BACA JUGA:Apa Kata Ramalan Zodiak Jumat 12 Mei 2023 untuk Aries, Taurus dan Gemini

Sebaiknya ibu berhati-hati dan melakukan tes sifilis sebelum merencanakan kehamilan. Sebab, sifilis dapat mengganggu kesehatan bayi, dan berpengaruh juga pada tumbuh kembangnya kelak.

3. Berhubungan seksual

Sifilis lebih mudah menular selama tahap primer dan sekunder. Melakukan hubungan seksual tanpa pengaman dengan orang yang terinfeksi, merupakan cara penularan sifilis yang paling utama.

Penyakit ini dapat menular secara oral (mulut), vaginal, bahkan anal. Apabila seseorang memiliki luka sifilis di bagian alat kelaminnya, dan melakukan hubungan seksual, maka bakteri tersebut akan sangat mungkin memasuki tubuh pasangannya.

Hal yang perlu kamu ingat, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki penyakit ini, karena tidak mengetahui adanya luka pada alat kelaminnya.

BACA JUGA:Ngeri! Timnas Indonesia Tergabung di Grup Neraka Piala Asia 2023, Siapa Saja Penghuninya?

Karena itu sangat penting untuk melakukan hubungan seksual yang aman, dan tidak bergonta ganti pasangan.

4. Ciuman

Selain melalui kontak seksual, penularan sifilis juga bisa terjadi akibat berciuman. Luka sifilis juga dapat terjadi di bibir.

Artinya, jika seseorang mencium pasangannya yang memiliki luka sifilis, maka bakteri pada luka dapat menginfeksi orang tersebut.

Meskipun kasus ini jarang terjadi, tetapi sebaiknya kamu berhati-hati dan tidak meremehkan jenis penularan yang satu ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: