Suku Pasemah Diantara Megalit, Masjid Tertua dan Jejak Ulama Melayu Nusantara!

Suku Pasemah Diantara Megalit, Masjid Tertua dan  Jejak Ulama Melayu Nusantara!

Saat itu, sedang bercocok tanam dan berkebun. Buktinya, tak sedikit bisa ditemui situs megalit, batu besar persis ditengah tengah sawah dan diperkebunan kopi.

BACA JUGA:Mengejutkan! Ternyata Sumsel Mempunyai 12 Suku Asli, Nomor 6 Disebut-sebut Suku Paling Tua!

Lalu, bagaiamana cerita penyebaran ajaran Islam di Pagaralam? 

Berikut sekilas ceritanya, di Kota Pagaralam terdapat Masjid Perdipe yang dibangun oleh Puyang Awak sejak tahun 1479 Masehi.

Dari penusuran sejumlah sumber, dikenal sebagai masjid tertua di Jagat Besemah Libagh Semende Panjang dan Sumatera Bagian Selatan.

Cikal bakal penyebaran Agama Islam di Pagaralam dan sekitanya terbukti dengan adanya masjid yang berada di Dusun Perahu Dipo Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Yuk Mengenal 5 Suku Asli yang Ada di Provinsi Sumatera Selatan, Salah Satunya Suku Pasemah

Masjid ini dikenal juga dengan sebutan Masjid Puyang Awak yang dibangun pada abad ke 15.

Dahulunya, dari cerita turun temurun masjid ini pernah menjadi tempat berkumpulnya para ulama di Nusantara. Disaat zaman penyebaran Islam di zaman para sunan.

Juga dikuatkan oleh Tim Pelacakan Sejarah yang dibentuk oleh Panitia Mudzakarah Ulama Serumpun Melayu pada bulan Agustus 2007.

Jika pada tahun 1650 masehi atau 1072 Hijriyah telah bertemu sekitar 40 ’ulama di Perdipe (Pagaralam, Besemah) Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Kejayaan dan Kehancuran Atlantis, Kisah Peradaban Hilang yang Menghebohkan Dunia.

Berdasarkan arsip kuno berupa kaghas (tulisan dengan huruf ulu diatas kulit kayu) yang ditemukan di Dusun Penghapau, Semende Darat, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan yang diterjemahkan pada tahun 1974 oleh Drs. Muhammad Nur (ahli purbakala Pusat Jakarta), ada beberapa catatan sejarah. 

Bahwa pada tahun 1072 Hijriyah atau 1650 Masehi telah ada seorang tokoh ’Ulama yang bernama Syech Nurqodim al-Baharudin yang bergelar Puyang Awak yang mendakwahkan Islam di daerah dataran Gunung Dempo Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: