Kopling Mobil Keras! Ini 7 Penyebabnya

Kopling Mobil Keras! Ini 7 Penyebabnya

Kopling Mobil Keras! Ini 7 Penyebabnya--

PAGARALAMPOS.COM - Jika kopling mobil keras tentunya mengurangi kenyamanan dalam berkendara, karena itulah, pemilik mobil harus merawat dan memperhatikan kondisi kopling mobil kesayangannya biar tetap normal. Nah, bagi yang belum mengetahui pemicu kopling mobil keras tersebut, ini 7 penyebabnya versi pagaralampos.disway.id yang dilansir dari berbagai sumber. 
 
Kopling merupakan bagian atau komponen penting dalam mobil yang memiliki peran penting. Kopling mobil sendiri berfungsi untuk memutus dan menghubungkan putaran dari mesin ke transmisi. Tentu saja, komponen yang satu ini menjadi satu hal yang tak bisa dilepaskan dari perhatian begitu saja, khususnya untuk para pemilik mobil bertransmisi manual.
 
Umumnya, kondisi pedal kopling yang terasa berat seperti ini biasanya dikarenakan kurangnya perhatian dan perawatan dari si pemilik.
 
Selain itu, cara mengemudi yang kurang tepat seperti peletakan kaki yang kurang pas di atas pedal tentu juga bisa menjadi penyebab pedal kopling keras.
Nah, ini informasi mengenai penyebab pedal kopling mobil keras yang harus anda pahami.

Kerusakan pada Release Bearing

Di satu sisi, penyebab pedal kopling mobil keras dan berat, bisa juga dipicu karena adanya tekanan plat pegas diafragma yang ada pada cover clutch.

Dimana, kondisi tekanan tersebut memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap mekanisme kerja pada kopling sehingga jika komponen ini rusak maka akan membuat pedal kopling menjadi terasa berat.
Pilot Bearing Macet
 
Kemudian, faktor pemicu kerusakan atau yang membuat pedal kopling pada mobil terasa keras, bisa disebabkan karena pilot bearing yang mengalami kemacetan.

Karena, secara peran, Bearing Pilot ini memiliki fungsi untuk menopang input shaft yang mana nantinya akan bertugas mensejajarkan sumbu tengah poros engkol.

Nah, jika posisi pilot bearing ini mengalami kendala/macet maka akan berdampak pada kesulitan memindahkan gigi transmisi melalui pedal kopling karena teras berat atau keras.
BACA JUGA:TOP 5 Tempat Wisata Palembang Paling Sering Dikunjungi
Kabel Kopling Seret

Lalu, yang jadi penyebab pedal kopling mobil keras adalah dipicu pada kabel atau kawat baja yang mengalami seret.

Umumnya, seretnya kabel pada kopling ini dipicu karena jarang mendapat pelumasan oli. Sehingga, sangat rawan kering yang mana akan membuat kondisi pada pedal kopling terasa berat ketika diinjak.
 
Karena kurang pelumasan maka salah satu solusi mengatasi kabel pada pedal kopling yang seret adalah dengan melumurinya dengan pelumas guna meminimalisir terjadinya gesekan antar sarung pembungkus kabel kopling.
Tetapi, agaknya saat ini, kebanyakan sudah menggunakan modul kopling mobil hidrolik yang mana akan memanfaatkan tekanan cairan. Artinya, untuk beberapa model mobil baru, sepertinya tak perlu memperhatikan kabel-kabel lagi mengingat dalam hal ini peranannya yang sudah tergantikan.
 
Cover Clutch Sudah Berumur
 
Di samping itu, salah satu penyebab pedal kopling mobil keras, bisa juga dipicu karena usia dari cover clutch yang sudah waktunya untuk diganti.

Biasanya, kendala seperti ini muncul pada saat pegas penekan plat kopling sudah terasa lemah. Mengenai soal itu, sudah barang tentu Anda tak bisa memperbaikinya.
BACA JUGA:Bikin Ngiler! Ini 5 Rekomendasi Kuliner Terbaik Saat Berwisata Ke Palembang
Melainkan, Anda harus mengganti komponen ini dengan yang baru. Pastikan penggantian clover clucth di sini menggunakan model atau tipe yang asli dari pabrik agar lebih awet dan tidak mudah mengalami kerusakan ke depannya.

Komponen Kurang Pelumasan

Sementara itu, satu hal yang biasanya dipandang sebelah mata namun memiliki dampak cukup besar pada kondisi pedal kopling adalah karena komponen kurang mendapat pelumasan.

Karena, jika tidak ada pelumasan maka komponen akan memicu terjadinya gesekan keras pada setiap komponen mesin sehingga menyebabkan mesin mobil tidak mampu terpacu lebih gahar, khususnya di sektor kopling.
Oleh sebab itu, selalu berikan cairan pelumas pada bagian beberapa komponen pedal kopling, seperti lease bearing dan per matahari.
 
Pola Berkendara yang Buruk

Kemudian, pola berkendara yang buruk pun juga bisa menjadi penyebab pedal kopling mobil keras atau terasa begitu berat saat diinjak. Umumnya, pola berkendara seperti menginjak dan melepaskan kopling secara spontan, nantinya akan mengakibatkan plat kopling yang terhubung ke flywheel justru bakal terasa kian berat. Bahkan, sangat dimungkinkan dan berpotensi sekali bahwa kampas kopling mobil juga akan cepat tipis atau aus.
 
Kampas Kopling Sudah Aus
BACA JUGA:Mana yang Paling Berbahaya? Ini 5 Destinasi Wisata Ekstrem di Indonesia
Selanjutnya, untuk penyebab pedal kopling mobil keras yang lain, dipicu karena ada masalah pada kampas kopling itu sendiri.

Yang mana, dalam hal ini kendala yang dimaksud adalah kampas kopling yang mulai aus. Sehingga, akan berdampak pada sistem mekanis kopling yang tidak lancar saat memindah gigi.
 


Selain itu, dampak yang ditimbulkan adalah mobil akan terasa banyak kehilangan tenaga saat terjadi perpindahan gigi. Karena, akan terasa keras ketika diinjak.

Nah, untuk mendeteksi soal masalah pada kampas kopling ini maka Anda bisa mengetahuinya dari beberapa tanda. Sepertinya keluarnya bau hangus atau terbakar.
BACA JUGA:5 Wisata Kota Batusangkar, Ada Istana Pagaruyung yang Viral
Bila kondisi sudah seperti itu maka sangat disarankan bagi Anda untuk sesegera mungkin mengganti kampas kopling yang sesuai dan direkomendasikan oleh pabrikan.

 
Itulah sederet informasi tentang penyebab pedal kopling mobil keras, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: