Pertanda Apa Ini? Pada Tanggal 5 Mei Dunia Akan Gelap Gulita, Simak Penjelasannya

Pertanda Apa Ini? Pada Tanggal 5 Mei Dunia Akan Gelap Gulita, Simak Penjelasannya

Pertanda Apa Ini? Pada Tanggal 5 Mei Dunia Akan Gelap Gulita, Simak Penjelasannya-Ilustrasi-

PAGARALAMPOS.COM - Gerhana Bulan Penumbra merupakan fenomena ketika Bulan melewati bayangan luar Bumi sehingga menciptakan fenomena yang disebut Gerhana Penumbral.

para pengamat akan melihat Bulan menggelap, tetapi tidak sepenuhnya tertutup. Gerhana Bulan Penumbra bisa dilihat dari belahan mana pun di seluruh dunia di mana Bulan berada di atas garis horison termasuk Antartika, Asia, Rusia, Oseania, dan Afrika Tengah hingga timur.

Sayangnya, fenomena ini tidak dapat dilihat dari wilayah Amerika Utara, Amerika Selatan, atau kebanyakan wilayah di Eropa. Pasalnya, bulan akan berada di bawah horison untuk waktu yang lama saat Bumi berada di dalam bayangan Bulan.

Seperti fenomena Gerhana Bulan lainnya, Gerhana Bulan Penumbra terjadi sebagai hasil ketika Bumi lewat di antara Bulan dan Matahari dalam satu garis lurus. Hasilnya, bayangan Bumi jatuh tepat di permukaan Bulan.

BACA JUGA:Wow! Ternyata Begini Proses Terjadinya Fenomena El Nino, Lalu Bagaimana Dampaknya?

Bagaimana proses terjadinya gerhana bulan penumbra? Salah satu fenomena alam akan terjadi pada tanggal 5 Mei 2023, yaitu gerhana bulan penumbra.

Gerhana bulan penumbra merupakan salah satu dari peristiwa gerhana bulan, saat terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Fenomena gerhana bulan penumbra dapat disaksikan beberapa wilayah di Indonesia. Berikut ulasan selengkapnya soal gerhana bulan penumbra.

Dilansir situs resmi BMKG, gerhana bulan penumbra adalah posisi bulan, matahari, bumi sejajar di mana bulan hanya masuk ke bayangan penumbra bumi. Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama.

BACA JUGA:Masih Berlanjut, Fenomena Panas Ekstrem di Indonesia Kapan Berakhir?

Menurut situs Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung, penumbra berkaitan dengan umbra. Umbra adalah bayangan bagian dalam yang lebih gelap, sedangkan penumbra adalah bayangan bagian luar yang tidak segelap umbra.

Gerhana bulan penumbra 5 Mei 2023 merupakan anggota ke 24 dari 73 anggota pada seri Saros 141. Gerhana bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah gerhana bulan penumbra 24 April 2005.

Waktu dan Lokasi Gerhana Bulan Penumbra Mei 2023

Fenomena gerhana bulan penumbra terjadi pada 5-6 Mei 2023. Berikut rincian waktu gerhana bulan penumbra Mei 2023 di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: