Waspada! Kenali Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan Tubuh

Waspada! Kenali Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan Tubuh

Waspada! Kenali Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Banyak cara untuk membasmi nyamuk yang mengganggu di rumah, salah satunya adalah dengan menggunakan obat nyamuk bakar.

Meskipun efektif mengusir nyamuk, obat nyamuk ini bisa berdampak buruk pada kesehatan. Pasalnya, asap dari obat nyamuk mengandung zat aktif yang berbahaya bagi tubuh.

Alih-alih terhindar dari gigitan nyamuk, Anda justru berisiko mengalami gangguan kesehatan. Apa saja risiko bahaya dari pemakaian obat nyamuk bakar dan adakah cara aman bila ingin tetap menggunakannya?

1. Keracunan karbon monoksida

Asap yang dikeluarkan oleh obat nyamuk bakar mengandung karbon monoksida. Paparan dari karbon monoksida secara berlebih dan dalam jangka waktu yang lama akan membuat Anda lebih mudah mengalami keracunan akibat zat ini.

BACA JUGA:Fakta Menarik! 5 Manfaat Gula Merah untuk Kesehatan

2. Kanker paru-paru

Masih tentang bahaya obat nyamuk bakar, seorang dokter dari Chest Research Foundation India menyebut bahwa obat nyamuk bakar mengandung karsinogen yang berisiko menyebabkan kanker paru-paru.

Bahkan inovasi obat nyamuk bakar tanpa asap juga tetap mengeluarkan karbon monoksida yang cukup tinggi dan berbahaya bagi paru-paru.

Kesimpulan ini diperoleh dari penelitian di 22 desa di Pune, India yang 65% warganya menggunakan obat nyamuk bakar di ruangan-ruangan tertutup dalam rumah.

3. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan obat nyamuk bakar dalam waktu jangka panjang dapat meningkatkan risiko Anda terkena ISPA.

BACA JUGA:Mulai Panik! Gubernur Lampung Langsung Turun Ke Jalan Dikarenakan Jokowi Akan Datang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: