647 Pemudik Tarik Tiket, Imbas Rel Kereta Api Palembang - Lampung Amblas

647 Pemudik Tarik Tiket, Imbas Rel Kereta Api Palembang - Lampung Amblas

647 Pemudik Tarik Tiket, Imbas Rel Kereta Api Palembang - Lampung Amblas-Ilustrasi-Google.com

SUMSEL, PAGARALAMPOS.COM – Sebanyak 647 penumpang yang akan balik setelah melakukan pemudik terpaksa mengurungkan perjalannya menggunakan kereta api (KA) tujuan Tanjung Karang Lampung. 

Hal tersebut lantaran jalur perlintasan KA yang berlokasi di Km 206 antara Sepancar – Gilas (Martapura OKUT) amblas dan tidak bisa dilewti.

Kejadiannya, Kamis 27 April 2023 malam. Amblasnya jalur double track tersebut diduga karena tanah yang bergerak pascadiguyur hujan lebat. Dampaknya, empat KA terpaksa dibatalkan perjalanannya.

“Dua perjalanan KA Stabas dari Baturaja pagi dan siang. Juga dua perjalanan KA Ekspres Rajabasa dari Kertapati (Palembang) dan Tanjung Karang (Lampung),” ujar Kepala Stasiun KA Baturaja, Abdullah, Jum'at 28 April 2023 kemarin .

BACA JUGA:Presiden Jokowi Resmikan Pengoperasian Jalur Kereta Api Lintas Makassar-Parepare

Manajemen PT KAI pun mengembalikan biaya tiket (refund) kepada para penumpang. Sebanyak 106 penumpang KA pagi dari Baturaja dan 123 penumpang yang berangkat siang.

Wakil Kepala Stasiun KA Baturaja Ristianto menambahkan, untuk memperbaiki rel yang amblas, PT KAI mendatangkan batu balas dari Rejosari (Natar, Lampung Selatan) dan Payakabung (Ogan Ilir).

Kemudian mengerahkan alat excavator mini yang diangkut dengan menggunakan KA. “Amblas sekitar 20 cm,” ujarnya. Seorang penumpang KA, Jati mengatakan, dia terpaksa mencari travel untuk meneruskan perjalanan ke Lampung.

“Karena KA batal berangkat,” kata mahasiswa yang kuliah di Lampung tersebut. Dia harus merogoh kocek Rp200 ribu untuk ongkos travel. Sementara jika naik KA, hanya Rp30.000.

BACA JUGA:Siapkan SDM Perkeretaapian, PNM dan PT INKA Gelar Seminar Internasional

Sari, penumpang yang berangkat siang baru tahu KA Ekspres Baturaja batal berangkat.

“Untung bisa dialihkan. Berangkat besok (hari ini),” ujarnya. Pelaksana Harian Manager Humas Divre IV Tanjung Karang, M Reza Fahlepi menjelaskan, pihaknya langsung melakukan normalisasi jalur yang amblas.

Minta Maaf

“Kami minta maaf atas gangguan ini,” kata dia. Reza menambahkan, ada dua pejalanan KA yang batal operasional. Yakni KA Kuala Stabas relasi Tanjungkarang-Baturaja (PP).  Sedangkan dua perjalanan lain yaitu  KA Ekspres Rajabasa dari Stasiun Tanjungkarang menuju Kertapati (PP).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: