Kabar Gembira Bagi Pendaki, Gunung Gede Pangrango Kembali Dibuka

Kabar Gembira Bagi Pendaki, Gunung Gede Pangrango Kembali Dibuka

Kabar Gembira Bagi Pendaki, Gunung Gede Pangrango Kembali Dibuka - Foto: Burangrang--

PAGARALAMPOS.COM - Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) telah membuka kembali kegiatan pendakian untuk umum mulai Jumat 28 April 2023. Sebelumnya, pendakian ditutup 17-27 April 2023.

Penutupan sementara akan diumumkan melalui surat edaran: SE/04/BBTNGGP/Tek.2/04/2023 diunggah oleh akun Instagram BBTNGGP. Keputusan ini diambil sehubungan dengan hari libur nasional dan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Informasi awal itu (pendakian Gunung Gede Pangrango dibuka besok 28/4/2023)," kata Humas BBTNGGP Agus Deni di WhatsApp, Kamis (27/4/2023).

Gunung Gede Pangrango sendiri merupakan salah satu gunung api aktif tertinggi di Jawa Barat. Berada di tiga kabupaten yaitu Sukabumi, Cianjur dan Bogor, gunung ini menjadi gunung yang populer bagi para pemanjat tebing karena keindahan alamnya.  

BACA JUGA:Harta Miliaran Kini Hangus Diblokir, AKBP Achiruddin Terindikasi Melakukan Pencucian Uang

Fakta yang satu ini merupakan fakta yang sangat out of the box, karena banyak yang mengira bahwa Gunung Gede Pangrango merupakan nama dari sebuah gunung saja. Apakah Anda juga beranggapan begitu?

Faktanya Gunung Gede Pangrango merupakan dua gunung yang berbeda yang letaknya saling berdekatan. Meskipun nampak kembar, kedua gunung tersebut memiliki ketinggian yang berbeda.

Ketinggian dari Gunung Gede yaitu 2.958 mdpl, sedangkan untuk Gunung Pangrango adalah 3.019 mdpl.

Gunung Gede dan Gunung Pangrango ini memang tampak menyatu karena memang dihubungkan oleh gigir gunung semacam pelana yang dikenal dengan daerah Kandang Badak yang berada di ketinggian sekitar 2.400 mdpl.

BACA JUGA:Status Siaga, Warga di Sekitar Gunung Karangetang Masih Diminta Waspada

Termasuk ke dalam Gunung berapi, Gunung Pangrango belum pernah meletus, hal ini ditandai dengan kondisi puncak gunungnya yang masih mengerucut dan mulus. 

Berbeda dengan Gunung Gede yang dipercaya pernah meletus karena terdapat kawah-kawah aktif seperti Kawah Wadon, Kawah Ratu, Kawah Baru, dan Kawah Lanang yang berada di sekitarnya.

Menilik letaknya, secara geografis Gunung Gede Pangrango terletak di antara 106º51`-107º02`Bujur Timur dan 6º41`-6º51` Lintang Selatan.

Uniknya, gunung ini berasa di perbatasan tiga wilayah yaitu Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Dengan perbandingan luas sekitar 25% di Bogor seluas 4.514 hektar, 30% di Sukabumi seluas 6.781,98 hektar, dan 45% di Cianjur seluas 3.899,29 hektar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: