Harus Paham! Ini 6 Ciri Mobil Bekas Yang Masih Normal

Harus Paham! Ini 6 Ciri Mobil Bekas Yang Masih Normal

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM – Kebanyakan orang bingung untuk mengetahui mana yang masih bagus ketika ingin membeli mobil bekas, ini dia 6 ciri mobil bekas yang masih normal versi pagaralampos.disway.id yang dilansir dari berbagai sumber.   

Beberapa orang tentu lebih memilih untuk membeli Mobil bekas ketimbang membeli mobil baru.

Tentu saja salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut tak lain karena harga mobil bekas yang relatif murah dan bisa ditawar.

Tak hanya itu saja, mobil bekas pun juga bisa dijadikan sebagai awalan bagi para pemula yang ingin memiliki kendaraan roda empat sebelum membeli mobil baru.
BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata di Bromo Wajib Kamu Kunjungi, Salah Satunya ada Pasir Berbisik
Dengan begitu, tak heran jika sampai detik ini segmen pasar mobil second di pasaran Indonesia masih saja bertahan dan cukup tinggi.

Namun, satu aspek yang perlu diketahui saat membeli mobil bekas, yaitu harus mengenali apa saja tanda atau ciri mobil bekas yang masih bagus.

Karena, tak menutup kemungkinan bahwa ada banyak beberapa kondisi mobil bekas yang sudah tak layak pakai meskipun dari sisi luar tampak baru dan masih normal.

Maka dari itu, jika Anda memiliki niatan untuk membeli mobil second, sebaiknya memahami beberapa hal penting sebagai persiapan dalam menentukan atau membeli mobil second yang tepat agar tidak merugi ke depannya.
BACA JUGA:Masuk 75 Besar ADWI 2023, Kampung Heritage Kajoetangan Jatim Unggulkan Wisata Tematik
Untuk lebih jelasnya, berikut ada beberapa ciri mobil bekas yang masih bagus yang perlu untuk Anda pelajari dan cermati.

Tanda Mobil Bekas Masih Layak Pakai

Ada beberapa tanda yang menjadi ciri utama untuk menunjukkan bahwa mobil bekas yang hendak dibeli masih layak pakai. Beberapa di antaranya adalah sebagaimana yang akan dijelaskan berikut ini.

Kaki-Kaki Presisi
BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! Ini 6 Tempat Wisata di Padang, Serasa Diluar Negeri
Di samping itu, tak bisa dipungkiri bahwa ciri lain yang menjadi pertanda bahwa mobil bekas masih layak jual adalah kondisi kaki-kaki masih presisi dan kokoh.

Sebab, tak bisa dipungkiri mengingat kaki-kaki mobil merupakan salah satu sektor yang sangat rentan dan memiliki fungsi vital dalam menjaga keseimbangan serta kestabilan mobil tersebut.

Tak hanya itu saja, kaki-kaki mobil yang masih bagus, biasanya ditunjukkan dengan tidak ada bunyi cit cit saat mobil melewati jalan bergeronjal atau polisi tidur.

Kemudian, tanda lain yang mengindikasi bahwa kaki-kaki masih bagus bisa dengan melakukan pengecekan pada gerak rodanya.
BACA JUGA:Jangan Lupa Ketinggalan! Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi
Dimana, jika roda mampu berputar atau bergerak dengan presisi maka itu menunjukkan bahwa mobil dalam kondisi yang masih normal. Bahkan, ciri tersebut juga bisa dijadikan sebagai tanda bahwa kondisi setir mobil masih stabil dan presisi.

Oleh karenanya, sangat disarankan untuk memastikan bahwa kaki-kaki mobil bekas tersebut masih layak dengan ciri presisi, tidak ada bunyi berdecit saat melewati medan jalan bergeronjal, dan tidak ada masalah saat mobil melakukan manuver.

Permukaan Cat Mobil Halus

Selain itu, tanda jika mobil bekas tersebut masih baik-baik saja, tentu bisa ditelisik dari kondisi cat pada permukaan mobil tersebut.
BACA JUGA:Keren! Desa Wisata Bowele Malang Diresmikan Menparekraf Sebagai 75 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023
Dimana, mobil second yang masih layak pakai biasanya permukaan cat masih terasa halus meski dari sisi penampilan agak kusam mengingat penggunaan.

Namun, jika permukaan cat terasa kasar maka tak bisa dipungkiri itu merupakan indikasi bahwa cat mobil pernah diperbarui.

Bahkan, tak menutup kemungkinan itu merupakan area yang lecet sehingga dimaksudkan untuk ditutupi dengan cat tersebut.

Dari sini jelas bahwa Anda tentunya sudah barang tentu perlu untuk mengecek bagian ini agar nantinya tidak kena tipu.
BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! 5 Tempat Wisata Bangka, Pesona di Timur Sumatera
Mesin Terdengar Halus dan Bau Asap Knalpot Tidak Kuat

Di sisi lain, ciri yang menjadi patokan bahwa mobil bekas tersebut masih bagus adalah bisa dicek dari suara mesin.

Detailnya, suara mesin mobil yang masih bagus biasanya akan terdengar sangat halus sekalipun itu mesin diesel.

Halusnya suara mesin di sini maksudnya tidak ada suara lain yang tercampur. Artinya, suara yang keluar adalah suara mesin itu sendiri.
BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! Ini 6 Tempat Wisata di Padang yang Bikin Kamu Ngga Mau Pulang Kerumah Lagi, Ada Apa?
Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa asap knalpot yang keluar tidak terlalu berbau saat tercium.

Karena, itu menandakan bahwa proses pembakaran yang terjadi memang masih sempurna. Sehingga, patut dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk Anda beli.

Maka dari itu, dua hal ini juga turut menjadi aspek penting bagi Anda saat akan mencari mobil bekas. Mengingat mesin yang halus dan asap knalpot yang baunya tak terlalu menyengat merupakan pertanda bahwa pemilik memang benar-benar merawat mobil tersebut.

Sistem Kelistrikan Lancar
BACA JUGA:7 Tempat Wisata Favorit di Jakarta, Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga, yang Nomor 1 Buat Tercengang!
Tak sampai di situ saja, bahkan sistem kelistrikan pun menjadi aspek penting yang perlu untuk Anda pertimbangkan.

Karena, salah satu ciri mobil second yang masih baik, tentu saja sistem kelistrikannya tidak mengalami masalah.

Mulai dari lampu, speedometer, fitur AC dan beberapa fitur entertainment yang tentu saja membutuhkan kelistrikan.

Hal ini sangat perlu untuk Anda ketahui dan benar-benar pertimbangkan. Mengingat, jika saja mengalami kerusakan, sudah jelas Anda harus mengeluarkan banyak biaya untuk mengatasi sistem kelistrikan pada mobil bekas.
BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata di Bromo Wajib Kamu Kunjungi, Salah Satunya ada Pasir Berbisik
Maka, ada beberapa syarat jika mobil bekas tersebut masih memiliki performa listrik yang bagus. Lampu menyala terang, kondisi speedometer bisa menyala, AC mampu beroperasi dengan baik sebagaimana mestinya, dan mobil bisa distarter dengan mudah.

Oleh sebab alasan tersebut maka sebaiknya Anda harus benar-benar mampu dan teliti mengecek bagian ini untuk memastikan bahwa mobil bekas yang hendak Anda beli memang layak dan masih dalam kondisi bagus.

Mobil Mudah Distarter

Ciri mobil yang masih normal dan bagus, bisa dengan mengetahui kemudahannya saat mobil distarter.
BACA JUGA:Masuk 75 Besar ADWI 2023, Kampung Heritage Kajoetangan Jatim Unggulkan Wisata Tematik
Jika mobil mudah distarter, tentu saja itu menunjukkan bahwa mobil bekas tersebut masih dalam kondisi yang normal.

Karena, biasanya jika mobil second mengalami kesulitan dihidupkan saat distarter, itu pertanda bahwa ada masalah pada kelistrikan mobil. Sehingga, Anda harus menghindari kondisi mobil seperti itu.

Tidak Ada Kebocoran

Maksudnya, tidak ada kebocoran berupa cairan pada mobil bekas tersebut. Anda bisa melakukan pengecekan di bagian bawah mobil atau di area kap mobil.
BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! Ini 6 Tempat Wisata di Padang, Serasa Diluar Negeri
Pastikan tidak ada air atau cairan yang keluar dari komponen-komponen mobil. Untuk memastikannya, Anda bisa sambil menghidupkan mobil sehingga nantinya Anda bisa lebih jelas mengetahui sekaligus memastikan bahwa tidak ada kebocoran.

Pasalnya, kebocoran pada mobil, bisa saja terjadi saat mesin mobil dihidupkan. Maka, saat melakukan pengecekan, sangat penting sekali untuk menghidupkan mesin mobil.

Disisi lain, kebocoran yang terjadi biasanya terjadi pada bagian rangkaian radiator, saluran oli, dan saluran bahan bakar. Maka, pastikan bahwa beberapa saluran tersebut aman.



Terkait soal kondisi mobil second yang masih bagus sebagaimana penjelasan di atas, tentu saja Anda sudah bisa mengenali apa saja ciri yang mengindikasikan bahwa mobil bekas tersebut memang masih bagus dan layak untuk dibeli.
BACA JUGA:Keren! Desa Wisata Bowele Malang Diresmikan Menparekraf Sebagai 75 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023
Karena, dengan memahami beberapa ciri di atas, sudah jelas Anda pun akan lebih mampu membedakan mana mobil yang layak beli dan mana mobil bekas yang memang mengalami kerusakan.

Semoga artikel soal ciri atau tanda mobil bekas yang masih bagus di atas bisa menjadi referensi untuk Anda semua. Sekian dan sampai berjumpa kembali. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: