Motor Injeksi Brebet! Ini 5 Cara Mengatasinya

Motor Injeksi Brebet! Ini 5 Cara Mengatasinya

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM – Untuk saat ini, pastinya banyak masyarakat yang sudah menggunakan motor injeksi. Nah, jika motor injeksi yang anda gunakan mengalami kendala brebet di RPM rendah, ini 5 cara mengatasinya versi pagaralampos.disway.id yang dilansir dari berbagai sumber. 

Saat ini, motor injeksi menjadi model yang banyak diproduksi oleh pabrikan. Hal itu tentu tak lepas dari efisiensinya yang mana dinilai lebih minim perawatan.

Meskipun demikian, tentu saja hal tersebut tak serta merta membuat Anda lepas kendali dalam mengontrol perawatannya.

Maka dari itu, tentu saja Anda harus melakukan perawatan rutin pada motor sekalipun sudah menggunakan sistem injeksi.
BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata di Bromo Wajib Kamu Kunjungi, Salah Satunya ada Pasir Berbisik
Pasalnya, terkadang juga ada masalah yang sering dijumpai pada motor bermesin injeksi. Salah satunya yakni motor injeksi brebet seperti kehabisan bensin atau bahan bakar.

Tentu saja, diperlukan sebuah solusi untuk mengatasi motor injeksi brebet tersebut sehingga sedikit banyak akan membuat kondisi motor lebih baik lagi.

Lalu, kira-kira bagaimana caranya? Tentu, Anda tak perlu khawatir.

Berikut penjelasan lengkapnya.
BACA JUGA:Masuk 75 Besar ADWI 2023, Kampung Heritage Kajoetangan Jatim Unggulkan Wisata Tematik
Mengatasi Motor Injeksi Brebet

Dalam beberapa kasus, tak bisa dipungkiri bahwa salah satu masalah pada motor injeksi adalah tarikan yang terasa brebet atau seperti kehabisan bensin. Nah, untuk solusinya, mari kita simak bersama sebagaimana penjelasan di bawah ini.

Ganti Filter Udara

Salah satu penyebab motor injeksi brebet juga bisa dipicu karena kondisi filter udara yang kotor dan penuh dengan endapan debu yang menempel.
BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! Ini 6 Tempat Wisata di Padang, Serasa Diluar Negeri
Fungsi filter udara pada motor injeksi tentunya sebagai media untuk menyaring udara masuk agar proses pembakaran berjalan sempurna.

Hanya saja, jika filter udaranya banyak debu dan kotoran yang menempel, tentu saja akan membuat kinerja mesin menjadi terganggu.

Kenapa demikian? Tentu saja hal tersebut dipicu karena udara yang terlalu kotor pastinya juga bisa menyebabkan motor tersendat-sendat karena tidak ada suplai udara yang masuk secara maksimal. Bila dimungkinkan filter udara bisa dibersihkan.

Untuk itu, Anda haru selalu melakukan pengecekan dan memastikan bahwa filter udara terbebas dari kotoran yang menempel. Apalagi, jika motor sering digunakan di medan jalan yang penuh lumpur saat musim hujan.
BACA JUGA:Jangan Lupa Ketinggalan! Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi
Namun, jika sudah mencapai penggunaan hingga 12.000 Km, sebaiknya Anda mengganti filter udara dengan yang baru.

Sebab, filter udara yang sudah lama terpakai, tentu saja kinerjanya sebagai penyaring udara akan menurun seiring dengan lamanya waktu pemakaian. Apalagi, jika Anda menggunakan filter udara cair yang tentunya tidak bisa dibersihkan sebagaimana filter udara biasa. Solusinya adalah menggantinya dengan yang baru.

Cek Busi dan Ganti Bila Sudah Lama Dipakai

Pertama-tama, komponen yang harus dicek sebagai langka untuk mengatasi motor injeksi yang brebet adalah dengan melihat bagaimana kondisi busi itu sendiri.
BACA JUGA:Keren! Desa Wisata Bowele Malang Diresmikan Menparekraf Sebagai 75 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023
Rutin melakukan pengecekan pada bagian busi secara tak langsung akan membuat Anda lebih bisa mengontrol bagaimana kondisi busi.

Bukan tanpa alasan, kondisi motor yang brebet sangat dimungkinkan sekali dikarenakan adanya proses pembakaran dari busi yang kurang sempurna.

Maka dari itu, pastikan busi dalam kondisi yang prima. Jika kotor, bersihkan bagian kepala busi dengan amplas halus dari endapan oli.

Namun, bila celah busi sudah mulai longgar, setidaknya sekitar 4 mm maka Anda harus segera menggantinya dengan yang baru.
BACA JUGA:7 Tempat Wisata Favorit di Jakarta, Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga, yang Nomor 1 Buat Tercengang!
Atau, jika motor sudah menempuh jarak 4000 Km, Anda bisa mengganti busi dengan yang baru. Langkah ini tentu sebagai tindakan efektif untuk mengatasi masalah motor injeksi susah hidup atau karena brebet saat dilajukan.

Adanya Kotoran dalam Tangki Bahan Bakar

Selain itu, masalah yang kerap muncul dengan dampak mesin motor injeksi yang brebet, biasanya dikarenakan adanya kotoran yang terkandung di dalam tangki bahan bakar motor itu sendiri.

Bukan tanpa alasan, kotoran ini biasanya muncul dari proses korosi pada bagian permukaan atau dinding tangki yang mengelupas sehingga memicu terjadinya endapan.
BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata di Bromo Wajib Kamu Kunjungi, Salah Satunya ada Pasir Berbisik
Tak hanya itu saja, tak menutup kemungkinan pula bahwa kotoran dari luar pun juga bisa turut masuk saat Anda mengisi bensin di pom.

Jika dibiarkan begitu saja maka kotoran tersebut akan masuk ke bagian tangki dan sangat berpotensi menyumbat lubang saluran tangki ke ruang pembakaran.

Jika ini terjadi maka wajar bila mesin motor mulai berasa brebet karena kurang lancarnya peredaran bahan bakar yang tersalurkan ke dalam sistem pembakaran.

Maka dari itu, sesekali Anda bisa menguras tangki bahan bakar agar endapan kotoran akibat dari korosi atau karat yang terkelupas dari dinding tangki bisa hilang.
BACA JUGA:Masuk 75 Besar ADWI 2023, Kampung Heritage Kajoetangan Jatim Unggulkan Wisata Tematik
Bersihkan Bagian Injektor

Tak lupa juga bahwa salah satu langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasi motor injeksi yang brebet adalah dengan melakukan pemeriksaan pada bagian injektornya.

Memang, tak bisa dipungkiri bahwa komponen injektor jarang mengalami masalah atau kendala. Hanya saja, pemeriksaan pada bagian ini tetap harus dilakukan.

Karena, sangat berpengaruh pada kondisi pergerakan mesin sekaligus pada ruang sistem pembakarannya.


BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! Ini 6 Tempat Wisata di Padang, Serasa Diluar Negeri
Maka dari itu, untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya Anda melakukan pengecekan pada bagian injektor ini guna memastikan bahwa tidak ada masalah di bagian komponen ini.

Biasanya, untuk proses pembersihannya sendiri, tiap lubang pada bagian injektor ini dibersihkan untuk menghilangkan berbagai kotoran maupun endapan yang menempel terlalu lama.

Terkait soal jarak waktu pembersihannya, jika mendasarkan atas anjuran dari beberapa bengkel resmi, idealnya pembersihan injeksi dilakukan tiap 10.000 km yang dilakukan menggunakan cairan khusus.

Tekanan Pompa Bahan Bakar Menurun
BACA JUGA:Jangan Lupa Ketinggalan! Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi
Kondisi motor injeksi yang brebet juga sangat berpotensi sekali dipicu karena kondisi tekanan pompa bahan bakar yang mulai menurun.

Tekanan pompa yang mengalami penyusutan tekanan tentu saja akan banyak berpengaruh dan berdampak pada aliran bensin ke bagian sistem injeksi yang mengalami gangguan.

Umumnya, menurunnya tekanan pompa bahan bakar di sini dikarenakan dari kotoran dalam tangki bahan bakar. Bisa berupa serpihan dinding tangki yang mengelupas atau kotoran lain yang ikut masuk ke dalam tangki.

Tak sampai di situ saja, bahkan tak menutup kemungkinan pula bahwa tekanan pompa bensin menurun lantaran usia pemakaian yang sudah terlalu lama.
BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! 5 Tempat Wisata Bangka, Pesona di Timur Sumatera
Jelas untuk mengatasi persoalan ini, Anda harus melakukan service ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan sekaligus perbaikan pada sistem pompa dari bahan bakar motor injeksi.

Nah, dari sekian langkah atau cara di atas, Anda bisa melakukannya satu per satu sesuai dengan kondisi motor Anda.

Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu dimana sumber masalah pada mesin motor yang mengalami brebet tersebut. Sehingga, nantinya cara mengatasinya pun jauh lebih mudah sesuai dengan kerusakannya.

Namun, satu yang pasti dan akan lebih mudah untuk Anda lakukan adalah dengan membawa motor ke bengkel resmi untuk dilakukan perbaikan oleh si mekanik. Sehingga, penyebab motor brebet pun bisa diperbaiki dengan solusi yang tepat.
BACA JUGA:7 Tempat Wisata Favorit di Jakarta, Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga, yang Nomor 1 Buat Tercengang!
Demikian ulasan mengenai tips dalam mengatasi motor injeksi brebet secara sederhana dan mudah yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: