Sering Merasakan Tremor? Simak Penyebab dan Cara Mengobatinya

Sering Merasakan Tremor? Simak Penyebab dan Cara Mengobatinya

Sering Merasakan Tremor? Simak Penyebab dan Cara Mengobatinya-Foto: ist-

PAGARALAMPOS.COM - Mungkin Anda pernah merasakan tangan, kepala, atau anggota tubuh lainnya tiba-tiba gemetar atau bergetar. Bila ya, saat itu Anda mungkin sedang mengalami tremor pada anggota tubuh tersebut. Lantas, apa sebenarnya arti tremor itu dan apa penyebab dari kondisi ini? Apakah kondisi ini berbahaya bagi kesehatan Anda? Simak ulasan berikut untuk informasi lengkapnya.

Apa penyebab tremor?

Secara umum, penyebab tremor adalah adanya gangguan di bagian dalam otak yang mengontrol pergerakan. Sebagian besar jenis tremor tidak diketahui penyebabnya, namun pada beberapa orang, kondisi ini diyakini dipengaruhi oleh riwayat orang tua alias penyakit keturunan.

Tremor bisa muncul sebagai kondisi tunggal maupun sebagai gejala dari penyakit tertentu, seperti multiple sclerosis, stroke, cedera otak, maupun penyakit degeneratif seperti Parkinson.

Selain itu, tremor juga bisa terjadi sebagai efek samping obat-obatan tertentu, penyalahgunaan alkohol, keracunan merkuri, gangguan kelenjar tiroid, gagal ginjal, dan serangan panik atau gangguan kecemasan.

Jenis-jenis tremor

Kondisi tremor terbagi dalam dua jenis berikut:

- Action tremor

Action tremor terjadi ketika anggota tubuh sedang melakukan gerakan. Misalnya, ketika menahan tangan atau kaki dalam posisi terentang tanpa penyangga selama beberapa waktu, menulis, dan mengontraksikan otot berkali-kali sampai otot lelah. 

- Resting tremor

Tremor jenis ini terjadi saat Anda sedang duduk atau berbaring, dan tidak bergerak. Resting tremor biasanya hanya memengaruhi tangan dan jari-jemari.

Saat orang yang mengalami resting tremor mulai bergerak atau beraktivitas, gemetaran akan berhenti dengan sendirinya.

Pengobatan yang tepat untuk tremor

Pengobatan tremor bisa berbeda-beda tergantung dari penyebabnya, seperti berikut ini:

1. Terapi fisik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: