Keren! Ini Tips Mencuci Motor Biar Bersih Maksimal

Keren! Ini Tips Mencuci Motor Biar Bersih Maksimal

Keren! Ini Tips Mencuci Motor Biar Bersih Maksimal--

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM – Semua pasti mau kendaraannya bersih kinclong, nah, ini tips ampuh cara mencuci motor biar bersihnya maksimal versi pagaralampos.disway.id yang dilansir dari berbagai sumber.  

Menjelaskan bagaimana cara mencuci motor agar kinclong tanpa merusak komponen sehingga tetap awet

Tips Mencuci Motor – Menjaga kebersihan sepeda motor adalah satu hal yang wajib dan perlu dilakukan secara rutin oleh pemiliknya. Hal ini tentu tak bisa dilepaskan demi memberikan penampilan motor yang kece dan keren.

Maka dari itu, membersihkan motor adalah salah satu perawatan yang tentunya menjadi bagian penting untuk diperhatikan selain perawatan mesin dan lain-lain.
BACA JUGA:Keren! Desa Wisata Bowele Malang Diresmikan Menparekraf Sebagai 75 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023
Salah satu untuk menjaga kebersihan motor adalah dengan mencuci sepeda motor Anda secara rutin dan juga tepat agar penampilannya semakin menarik.

Namun, untuk melakukan hal tersebut, meskipun mudah namun tak bisa dilakukan secara asal-asalan. Karena, ada tips mencuci motor yang tepat dan sangat efektif untuk menjaga penampilan daripada motor itu sendiri.

Kenapa demikian? Tentu saja, cara mencuci sepeda motor yang tepat, akan bisa meminimalisir terjadinya kerusakan yang biasanya disebabkan karena air saat sedang mencuci motor.

Oleh sebab alasan itu, di sinilah letak pentingnya Anda memahami cara yang tepat untuk mencuci kendaraan bermotor Anda supaya awet dan tampak bersih.
BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! 5 Tempat Wisata Bangka, Pesona di Timur Sumatera
Untuk lebih lengkap dan detailnya, berikut ini Mas Sena akan berbagi tips mencuci motor yang tepat dan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Tips Mencuci Sepeda Motor

Dalam beberapa kasus, tak bisa dipungkiri bahwa mayoritas orang jika mencuci motor biasanya hanya sekeda dibilas, dibasuh sabun, dan dibilas saja. Hal ini bukan cara yang salah melainkan kurang tepat. Lalu, bagaimana cara yang tepat? Begini tipsnya.

Pastikan Kondisi Suhu Mesin Sudah Dingin (Normal)
BACA JUGA:7 Tempat Wisata Favorit di Jakarta, Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga, yang Nomor 1 Buat Tercengang!
Hal pertama dan sangat penting untuk Anda perhatikan saat akan mencuci motor adalah memastikan bahwa kondisi suhu pada mesin motor sudah dingin.

Tentu saja, kondisi seperti ini akan sangat berpengaruh pula pada bagian komponen mesin yang masih menyimpan suhu panas.

Dimana, pada bagian logam yang terdapat di dalam komponen motor yang masih panas, bila mana terkena oleh air dingin pada saat mencuci akan membuat komponen menjadi rusak mengingat ada perubahan suhu mendadak.

Jika ini Anda terus biarkan tentu akan menurunkan kualitas permukaan dari komponen yang masih panas tersebut jika terkena air dingin saat akan mencucinya.
BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Wisata di Danau Ranau, Cocok Banget Buat Rekreasi Bareng Keluarga
Hindari Penggunaan Sabun Asal

Langkah yang perlu dihindari saat akan mencuci motor adalah penggunaan sabun yang asal-asalan untuk mencucinya.

Karena, sabun yang asal digunakan sangat berpotensi merusak bagian-bagian tertentu dari sepeda motor Anda. Jika memang benar demikian adanya, tentu saja ini harus Anda hindari.

Untuk itu, Anda harus menggunakan sabun khusus pencuci motor agar tidak menimbulkan efek atau dampak negatif dari penggunaan sabun itu sendiri.
BACA JUGA:6 Destinasi Wisata di Padang yang Menakjubkan
Jika memang tidak ada, Anda bisa menggunakan sabun pencuci piring. Namun, jangan terlalu banyak karena akan memicu rasa kesat yang sangat berlebihan, terutama di bagian bodi motor.

Penggunaan sabun cuci piring ini lebih disarankan untuk mencuci bagian blok mesin. Supaya, sisa rembesan oli atau minyak yang ada di blok mesin tersebut hilang karena kandungan jeruk nipis dari sabun pencuci piring tersebut.

Gunakan Spons Lembut

Saat mencuci motor, jangan lupa untuk selalu menggunakan spons yang lembut. Hal ini ditujukan agar tidak menimbulkan baret pada bodi motor.
BACA JUGA:Kembangkan Pulau Cemara Sebagai Ekoeduwisata Bahari
Hindari menggunakan kresek ataupun kain/gombal. Mengingat, sangat dimungkinkan sekali adanya kotoran yang menempel atau menggores bagian eksteriornya. Sehingga, meninggalkan bekas lecet.

Maka dari itu, disarankan untuk membasuh bagian motor dengan busa atau spons yang lembut. Usahakan juga saat membasuh bagian tertentu bersamaan dengan mengguyur air agar kotoran yang terusap oleh spons tersebut langsung hilang seketika.

Hal ini memang terdengar sangat sepele. Akan tetapi, jika diabaikan begitu saja maka akan menimbulkan efek yang kurang baik bagi kendaraan Anda.

Bilas dengan Air Bersih dari Sumur
BACA JUGA:Gasken Rek! Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi, Rasakan Liburan Seperti di Luar
Tips mencuci motor yang tepat dan benar, usahakan untuk menggunakan air sumur saat digunakan untuk membilasnya.

Karena, umumnya air sumur minim mengandung klorin yang jika menempel dan mengendap terlalu lama di bagian bodi akan memicu kerak putih-putih.

Oleh sebab itu, hindari mencuci motor menggunakan air PAM jika tidak terpaksa. Apalagi, mencuci di sungai, sangat-sangat tidak disarankan mengingat kandungan air sungai yang tidak baik bagi motor dan juga bisa mencemari lingkungan.

Bilas Secara Urut
BACA JUGA:Keren! Desa Wisata Bowele Malang Diresmikan Menparekraf Sebagai 75 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023
Selain itu, hal penting lain yang perlu Anda lakukan adalah membilas motor secara urut. Anda bisa melaluinya dari bagian cover body motor yang terlapisi cat.

Kemudian, untuk selanjutnya pembilasan bisa dilakukan ke bagian-bagian bawah antara lain suspensi, roda, dan area bawah mesin.

Hal ini juga berlaku saat akan membasuh bagian motor ini dengan sabun. Usahakan dimulai dari cover bodi terlebih dahulu agar kotoran di bagian ini bersih.

Selanjutnya, diteruskan ke bagian lain yang identik dengan kepekatan kotoran tinggi karena minyal dan oli, seperti bagian roda, blok mesin, suspensi, dan juga knalpot.
BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! 5 Tempat Wisata Bangka, Pesona di Timur Sumatera
Hindari Air Masuk ke Knalpot

Saat Anda sedang mencuci sepeda motor, sebisa mungkin untuk menghindari atau meminimalisir agar air tersebut tidak mengalir dan masuk ke dalam knalpot.

Bukan tanpa alasan mengingat air yang masuk ke lubang knalpot sangat berpotensi sekali memicu terjadi karat sehingga akan sangat berpengaruh pada performa sepeda motor.

Maka dari itu, sebaiknya sebelum dibilas atau dicuci, terlebih dahulu tutup bagian lubang knalpot dengan plastik kresek untuk menghindari air masuk ke knalpot melalui bagian tersebut.
BACA JUGA:6 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi, Salahsatunya Bikin Geleng-geleng Kepala!
Keringkan dengan Kain Kanebo

Jika sudah selesai semua maka langkah terakhir dari tips mencuci motor adalah mengeringkan motor tersebut dengan menggunakan kain kanebo.

Pengeringan ini dilakukan agar nantinya air yang tersisa tidak serta merta membasahi bagian tertentu dari sepeda motor yang jika dibiarkan saja kemungkinan besar akan memicu timbulnya karat.

Oleh sebab itu, selalu pastikan untuk menggunakan kain kanebo yang memiliki daya serap air tinggi sehingga akan sangat membantu Anda sesudah mencuci motor agar air tidak menetes atau menempel dan mengendap di bagian tersebut.
BACA JUGA:Keren! Desa Wisata Bowele Malang Diresmikan Menparekraf Sebagai 75 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023
Selain itu, untuk pengelapan menggunakan kanebo ini, disarankan hanya untuk bagian cover bodi saja. Karena, jika bagian bawah juga turut diusap maka kanebo akan menjadi kotor karena oli yang menempel di kanebo tersebut.

Nah, dari sekian cara atau tips mencuci motor yang tepat di atas, hal lain yang jangan dihiraukan adalah memastikan bahwa tidak ada air yang menetes di bagian motor. Karena, akan berpotensi memicu terjadinya korosi atau karatan, terutama bagian yang berbahan material besi.

Untuk mengeringkannya pun Anda juga tak perlu menjemurnya langsung di bawah terik matahari. Namun, Anda cukup dengan mengangin-anginkannya di bawah atap rumah agar tidak terkena sinar matahari langsung.

Mengingat, cahaya matahari langsung juga bisa memicu kerusakan pada cat cover bodi yang mudah terkelupas karena sengatan dari terik matahari.
BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Wisata di Danau Ranau, Cocok Banget Buat Rekreasi Bareng Keluarga
Nah, itulah tadi beberapa langkah terpadu dalam tips mencuci motor yang benar dan tepat agar mendapatkan hasil nan maksimal. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: