Mau Motor Matic Hemat !, Ini Tips Yang Harus Dilakukan

Mau Motor Matic Hemat !, Ini Tips Yang Harus Dilakukan

Mau Motor Matic Hemat !, Ini Tips Yang Harus Dilakukan--

JAKARTA, PAGARALAM POS.COM – Pengguna motor matic pastinya mau kalau bahan bakar minyak (BBM) motor kesayangannya hemat (irit), ini dia tips yang harus dilakukan versi pagaralampos.disway.id yang dilansir dari berbagai sumber. 

Cara cerdas dalam berkendara motor matic agar hemat bahan bakar

Kendaraan roda dua berupa motor matic sepertinya memang menjadi salah satu motor yang tentunya kini sedang ngetrend dan banyak diburu oleh para konsumen.

Hal itu tentu saja tak bisa dipungkiri dari fakta yang ada. Bahwa, mayoritas orang menganggap bahwa motor matic memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan motor bertransmisi manual.
BACA JUGA:6 Rekomendasi Lokasi Wisata Hutan Pinus Di Yogyakarta
Yang mana, dalam soal ini faktor kemudahan dalam penggunaan menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang memilih motor matic daripada manual.

Meski demikian, yang cukup disayangkan adalah soal konsumsi bahan bakar atau bensin dari skutik tersebut.

Karena, pada umumnya memang motor matic cenderung dinilai lebih banyak mengkonsumsi bahan bakar (boros) jika dibandingkan ketika menggunakan motor manual.

Ini tentu saja menjadi salah satu masalah yang tentunya menjadi sorotan publik, khususnya para pencinta motor matic. Yang mana, hal ini tak bisa dilepaskan jika bahan bakar minyak cenderung mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.
BACA JUGA:Recommended Banget! Ini 10 Tempat Wisata Kuliner Enak di Jakarta yang Paling Favorit
Meskipun benar adanya, saat ini memang sudah mulai banyak bermunculan berbagai tipe motor matic yang sudah dipersenjatai dengan teknologi canggih sebagai upaya agar penggunaan bahan bakar dapat dihemat.

Nah, sebagai pemilik motor matic ini, hendaknya Anda perlu memahami tips menghemat bahan bakar motor matic agar menjadi lebih awet dan tentunya efisien dalam penggunaannya.

Tips Menghemat Bahan Bakar Motor Matic

Berikut adalah langkah-langkah ideal sebagai upaya untuk menghemat bensin pada kendaraan motor matic. Antara lain adalah sebagaimana berikut ini.
BACA JUGA:Miliki Daya Tarik Wisata Luar Biasa, Ini Destinasi Wisata Purwokerto yang Wajib Dikunjungi Saat Libur Lebaran!
Hindari Pengereman Mendadak dan Jaga Tarikan Gas secara Bertahap

Langkah awal yang perlu Anda pahami dan lakukan adalah sebisa mungkin untuk mencegah atau meminimalisir pengereman yang terjadi secara mendadak.

Karena, saat motor melaju kencang, tentu saja akan banyak bahan bakar yang dikonsumsi. Sehingga, ketika tiba-tiba direm mendadak maka bensin yang dikeluarkan untuk melajukan motor tadi berkurang dan sia-sia.

Selain itu, jaga selalu tarikan gas pada skutik. Maksudnya, lebih kepada untuk menjaga kecepatan gas saat motor dijalankan atau diajukan.
BACA JUGA:5 Lokasi Wisata Hutan Pinus di Jogja, Cocok Banget Buat Tempat Camping
Oleh sebab alasan tersebut, berkendaralah dengan mode kecepatan yang stabil serta konsisten tanpa banyak melakukan pengereman mendadak maupun menarik gas mendadak.

Sehingga, penggunaan bahan bakar pun masih bisa diminimalisir atau ditekan yang membuat konsumsinya pun tidak boros.

Hindari Pemanasan Mesin Motor dalam Waktu yang Lama

Salah satu perawatan sepeda motor matic adalah memang harus rajin melakukan pemanasan mesin, khususnya setiap pagi hari sebelum digunakan.
BACA JUGA:10 Tempat Wisata Kuliner Enak di Jabodetabek yang Paling Favorit
Hal ini sebagai upaya atau langkah untuk membuat atau mendorong oli mesin agar mampu merata melumasi setiap sisi di dalam mesin.

Namun, saat memanaskan mesin, usahakan tidak terlalu lama. Karena, tentu saja jika kelamaan akan membuat konsumsi bahan bakarnya pun menjadi terbuang sia-sia.

Maka dari itu, disarankan untuk melakukan pemanasan mesin ini selama 5 menit saja setipa pagi hari.

Lakukan hal yang sama ketika sedang berhenti di lampu merah. Hal ini juga dinilai sangat ampuh dalam mengurangi intensitas mesin dalam mengambil alih konsumsi daya dari bahan bakar.
BACA JUGA:10 Referensi Tempat Wisata di Jabodetabek, Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga
Perhatikan Bagian Filter Udara

Selanjutnya, tips menghemat bahan bakar motor matic yang perlu untuk Anda ketahui dan pahami adalah dengan rutin dan rajin memperhatikan bagian filter udara.

Bukan tanpa sebab mengingat memang tidak bisa dipungkiri bahwa cukup sering para pengguna motor matic yang kurang memerhatikan kebersihan filter udara.

Padahal, kebersihan filter udara juga memengaruhi tingkat keborosan bahan bakar pada motor matic itu sendiri.
BACA JUGA:Berwisata Religi ke Masjid Taqwa
Jika kondisi filter udara mengalami banyak endapan kotoran dari luar, maka akan membuat aliran udara dari luar pun mengalami penyumbatan saat akan memasuki sistem pembakarannya lewat saluran intake.

Jika hal ini terjadi maka secara otomatis akan banyak bahan bakar yang akan terbuang sia-sia. Maka oleh sebab itu, Anda benar-benar harus memastikan untuk selalu rutin membersihkan bagian ini demi penggunaan bahan bakar yang lebih efisien dan hemat.

Jika tak bisa dilakukan secara mandiri Anda bisa membawanya ke bengkel, bersamaan saat melakukan service rutin. Sehingga, Anda tak perlu melakukannya di rumah karena sudah dibersihkan saat melakukan service rutin.

Pastikan Kondisi Ruang Pembakaran dalam Keadaan Baik
BACA JUGA:Pas Banget Buat Liburan Akhir Pekan, 5 Tempat wisata di Tangerang yang Hits dan Populer
Khusus untuk Anda para pemilik motor matic yang masih menggunakan sistem karburator, tentu saja Anda harus menjaga bagian ruang pembakarannya.

Pasalnya, tidak bisa dipungkiri bahwa setiap pengapian yang bermasalah dapat memengaruhi aktivitas pembakaran bensin. Begitu juga dengan kondisi pada sistem di ruang pembakaran.

Terutama beberapa komponen yang berpengaruh penting dalam proses pembakaran ini. Seperti busi misalnya.

Oleh sebab alasan tersebut maka sudah barang tentu Anda harus benar-benar mengecek rutin pada bagian ruang pembakaran ini.
BACA JUGA:Pas Banget Buat Liburan Akhir Pekan, 5 Tempat wisata di Tangerang yang Hits dan Populer
Sehingga, jika ruang pembakaran baik maka pembakaran bahan bakar pun akan lebih sempurna yang berdampak pada kondisi konsumsi bensin yang lebih hemat dan efisien.

Cek Kondisi Tekanan Angin pada Ban

Ternyata, kondisi ban motor juga termasuk sebagai salah satu hal yang perlu untuk Anda perhatikan sebagai salah satu cara untuk menjaga agar motor tidak boros bensin.

Mengapa demikian? Tentu saja karena kurangnya tekanan udara pada ban dipasitikan akan menyebabkan mesin motor harus bekerja lebih keras untuk memutar ban.
BACA JUGA:5 Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat yang Paling Mempesona
Dengan mesin yang didorong untuk beroperasi keras maka secara otomatis akan membutuhkan banyak bahan bakar yang harus dikonsumsi.

Maka dari itu, pastikan selalu bahwa kondisi ban pada motor matic Anda dalam kondisi tekanan angin yang ideal.

Bahkan, usahakan untuk menggunakan gas nitrogen ketimbang angin. Karena, gas nitrogen memiliki daya tekan yang lebih merata sehingga akan mampu membuat ban lebih mudah mengembang.

Kondisi ban yang mengembang tentu saja akan membuat motor menjadi lebih terasa ringan ketika dilajukan. So, otomatis mesin pun akan tidak terbebani dan tentunya tak akan banyak konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan.
BACA JUGA:Cocok Untuk Liburan Lebaran! Ini 7 Wisata di Ciamis
Maka oleh sebab alasan ini, Anda harus benar-benar bisa melakukan pengecekan rutin pada ban motor untuk menjaga agar ketika nantinya motor dilajukan tidak terasa begitu berat yang justru akan membebani mesin sehingga membuat BBM pun boros.

Nah, bagaimana teman-teman? Apakah sudah cukup jelas penjelasan di atas? Tentu saja, beberapa langkah tersebut merupakan tips yang bisa Anda terapkan sebagai upaya untuk menjaga agar mesin motor matic tidak terbebani.

Dengan begitu maka bahan bakar yang dibutuhkan pun tidak akan banyak sehingga membuatnya lebih efisien dan efektif dalam mengkonsumsi bahan bakar.

Di sisi lain, tak bisa dipungkiri bahwa dalam kasus ini Anda harus selalu cek bagian filter udara dan juga membiasakan untuk tidak sering melakukan pengereman. Karena, beberapa komponen dan usaha tersebut sangat berpengaruh pada konsumsi penggunaan BBM. (*)

BACA JUGA:7 Wisata Tasikmalaya yang Keren, Cocok Isi Liburan Bersama Keluarga

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: