Menengok Masjid Al-Hikmah di Atas Bukit Dusun Kerinjing Dengan Taman Menghadap Danau

Menengok Masjid Al-Hikmah di Atas Bukit Dusun Kerinjing Dengan Taman Menghadap Danau

Menengok Masjid Al-Hikmah di Atas Bukit Dusun Kerinjing Dengan Taman Menghadap Danau-Foto : Fahmi/Pagaralam Pos-

PAGARALAMPOS.COM, Kerinjing - Masjid Al-Hikmah adalah salahsatu Masjid di perbatasan Kota Pagaralam. Hingga kini Masjid itu masih berdiri kokoh dengan sejumlah aktivitas keagamaan. Masjid AL-Hikmah berdiri di puncak bukit Di Dusun Kerinjing Kelurahan Agung Lawangan Kecamatan Dempo Utara. Maka atapnya yang bewarna biru berbentuk cungkup segitiga itu kelihatan jelas dari seatero dusun. 

“Ada tiga masjid yang dibangun berbarengan di perbatasan Kota Pagaralam. Yakni di Perandonan, Mingkik, dan satu lagi di Kerinjing ini,”ucap Tedi, mantan Ketua RW Dusun Kerinjing ketika ditemui Pagaralam Pos di kediamannya kemarin (18/4). “Makanya bentuk bangunan masjidnya mirip-mirip,”lanjut Tedi.

BACA JUGA:Jalin Silaturahmi Oleh Insan Pers, Polres Pagar Alam Gelar Buka Bersama

Dari masjid Al-Hikmah pula deretan rumah penduduk, kebun sayur, bukit-bukit yang gundul, danau,dan kompleks pesantren dapat dilihat dengan terang benderang. Lokasi masjid ini memang seperti berada di tengah-tengah pemandangan itu. Sementara puncak Gunung Dempo nampak tertutup kabut tebal. 

Siang kemarin, suasana di masjid ini nampak ramai. Sejumlah anak-anak berbusana muslim berkumpul di teras depan masjid. Sebagian lagi di dekat anak tangga. Begitu jarum jam menunjukkan pukul 13.30 WIB, mereka bergegas masuk ke dalam masjid. Di dalam sudah duduk sejumlah remaja. 

BACA JUGA:Wajib Kamu Tahu, Ini Penyebab Mobil Keluar Asap Putih dan Cara Mengatasinya

Mereka adalah panitia dan peserta lomba yang bertajuk ‘Colorful Ramadhan’. Panitianya adalah Karang Taruna, adapun pesertanya adalah anak-anak dan remaja Dusun Kerinjing.

“Ada empat kategori yang kami perlombakan. Yakni tartil,azan, da’i cilik, dan bacaan salat serta 10 surah pendek,”ujar Reksi (26), Wakil Ketua Karang Taruna Dusun Kerinjing ketika ditemui Pagaralam Pos.

BACA JUGA:Wako – Kapolres Cek Pos PAM Idul Fitri 1444 H

Reksi menjelaskan, ‘Colorful Ramadhan’ digelar dalam rangka memberikan warna di hari-hari bulan suci Ramadhan. Juga untuk memeringati  Nuzul Quran yang jatuh tiap malam 17 Ramadhan. Sehingga anak-anak dan remaja mendapakan ilmu, pengetahuan, pengalama, dan amal. “Pengumuman pemenang akan disampaikan malam Nuzul Quran. Kalau tidak salah malam tanggal 19 April nanti,”ucap Reksi.

Memasuki bulan suci Ramadhan,kata Tedi, memang banyak sekali kegiatan amaliah digelar di Masjid Al-Hikmah. Termasuk yang dilaksanakan Karang Taruna tadi. Selain salat lima waktu yang rutin, pada malam hari ada salat isya,tarawih,dan witir berjemaah.

“Disambung dengan tadarus Al-Quran. Tadi malam malah sudah tamat 30 juz. Malam ini akan diulangi lagi dari juz pertama,”lanjut Tedi.

BACA JUGA:Jadi Wadah Sharing Season dan Silahturami, PWI Pagaralam Adakan Bukber

Karang Taruna Dusun Kerinjing sendiri juga bukan hanya menggelar lomba. Mereka membuat taman di halaman masjid. Di taman ini ada bunga-bunga serta gazebo. Dari taman ini Danau Kerinjing dan deretan perbukitan nampak indah dilihat. “Kami  membuat taman ini secara bertahap,”ucap Reksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: