Polres Pagaralam Gruduk Loket Bus, Ada Apa?

Polres Pagaralam Gruduk Loket Bus, Ada Apa?

Polres Pagaralam Gruduk Loket Bus, Ada Apa?--

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM  - Memberikan kepastian keselamatan penumpang khususnya di moment mudik lebaran, Polres Pagalam melalui Satlantas memberikan catatan mengenai hal penting bagi jasa angkutan.

Hal ini terkait angkutan bus penumpang agar benar benar layak beroperasi atau jalan.

Sebab, hasil pengecekan angkutan yang dilakukan disejumlah PO (jasa angkutan, red) masih ada kekurangan atau faktor yang bisa memicu terjadinya kecelakaan lalulintas.

Kapolres Pagaralam AKBP Erwin Irawan SIK MH melalui Kasat Lantas AKP Teguh Hidayat mengatakan, setelah dilakukan pengecekan ke armada jasa angkutan pada Selasa 18 April 2023, ditemukan beberapa hal pendukung keselamatan penumpang harus dibenahi oleh pengelola.

BACA JUGA:Polres Pagar Alam Gelar Pasukan Ops Ketupat Musi 2023

“Kami berharap kepada pihak loket agar membenahi kelayakan beroperasi,” ujar Kapolres kepada Pagaralampos.com, Rabu 19 April 2023. 

Adapun hasil pemeriksaan sementara, Bus Sarana BG 7146 W Tujuan Pagaralam-Bengkulu tidak mempunyai sabuk pengaman supir, alat pengukur kecepatan tidak berfungsi, ban belakang kiri dan kanan retak, jendela darurat tidak ada, KIR mati.

Bus Melati Tujuan Pagaralam -Palembang tidak mempunyai sbuk pengaman pengemudi, lampu mundur kiri kanan tak berfungsj, pengukur kecepatan tidak berfungsi, jendela darurat tidak ada.

Bus Telaga BG 7108 LM tidak mempunyai sabuk pengaman pengemudi, Jendela Darurat tidak ada, alat pemukul/pemecah kaca tidak ada.
‘Untuk itu, pihak jasa angkutan kendaraan melengkapi sarat tehnis dan sarana prasarana kendaraan lainnya,” ucapnya.

BACA JUGA:Polres Pagar Alam Petakan Jalur Mudik Lebaran

Selain itu juga, agar kiranya pihak loket melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap semua kendaraan seperti ban, rem, oli, air radiator dan lampu sebelum beroperasi.

Kepada para sopir bus melakukan pengecekan jumlah penumpang pada saat kendaraan berhenti di Rumah Makan atau tempat lainnya agar tidak ada penumpang yang tertinggal
 
 “Dan tak kalah penting, sopir jangan ugal ugalan di jalan. Utamakan keselamatan penumpang dimoment mudik ini,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: