Mau Mobil Anda Awet, Ini Yang Harus Dilakukan

Mau Mobil Anda Awet, Ini Yang Harus Dilakukan

Mau Mobil Anda Awet, Ini Yang Harus Dilakukan--

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM – Tentunya semua orang menginginkan mobil miliknya awet dan selalu prima, pastinya kamu wajib melakukan beberapa hal, ini yang harus dilakukan versi pagaralampos.disway.id yang dilansir dari berbagai sumber.

Hindari beberapa kelalaian ini yang bisa membuat mobil Anda cepat mengalami kerusakan

Berbagai langkah dan cara untuk merawat mobil, sudah barang tentu perlu menjadi titik fokus bagi para pemiliknya.

Bukan tanpa sebab mengingat perhatian pada mobil menjadi bagian penting untuk menjaga performa dan juga beberapa aspek maupun komponen yang ada pada kendaraan roda empat ini.
BACA JUGA:5 Lokasi Wisata Hutan Pinus di Jogja, Cocok Banget Buat Tempat Camping
Salah satunya yakni dengan melakukan perawatan berkala sekaligus melakukan penggantian spare part jika dirasa memang perlu untuk dilakukan penggantian komponen tertentu.

Selain itu, Anda juga harus menjaga beberapa langkah perawatan rutin agar mobil awet. Di antaranya dengan menghindari beberapa hal yang seringkali dilalaikan oleh banyak pemilik mobil.

Yang mana, kelalaian tersebut jika disepelekan begitu saja maka akan berdampak buruk pada kondisi mobil yang Anda miliki.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak melalaikan beberapa aspek penting tersebut guna menjaga keawetan daripada mobil Anda sendiri.
BACA JUGA:10 Tempat Wisata Kuliner Enak di Jabodetabek yang Paling Favorit
Nah, di dalam artikel ini, Mas Sena akan memberikan berbagai hal yang tidak boleh Anda lalaikan sedikit pun dalam menjaga agar mobil awet serta nantinya tidak mudah terjadi kerusakan.

Kelalaian yang Menyebabkan Mobil Cepat Rusak

Ada beberapa aspek penting yang tentu saja patut untuk Anda hindari guna menjaga performa atau kondisi mobil supaya tidak cepat rusak. Berikut hal-hal yang perlu untuk Anda hindari.

Sering Mengabaikan Indikator Lampu Mobil
BACA JUGA:10 Referensi Tempat Wisata di Jabodetabek, Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga
Setiap mobil, tentu saja sudah dilengkapi dengan berbagai lampu indikator sebagai pemberi informasi terkait kondisi mobil kepada pengemudi.

Ada berbagai lampu indikator yang setiap lampunya merupakan sinyal yang saling terkoneksi sebagai peringatan mulai dari mesin, bahan bakar, hingga sabuk keselamatan.

Jika Anda mengabaikan beberapa hal yang ditampilkan oleh lampu indikator, sudah barang tentu mobil akan cepat mengalami kerusakan.

Misalnya saja lampu indikator bahan bakar sudah mencapai ambang batas sehingga Anda perlu segera untuk mengisinya.
BACA JUGA:Berwisata Religi ke Masjid Taqwa
Atau, lampu indikator pada aki mobil yang mana menjadi sinyal terkait kondisi terkini pada aki mobil.

Semua lampu indikator pada panel meter memang disajikan oleh pabrikan guna mempermudah Anda dalam mengenali kondisi mobil Anda sehingga pengecekan pun bisa dilakukan secara lebih mudah.

Telat Ganti Cairan

Sebagaimana motor, tentu saja mobil juga membutuhkan komponen berupa cairan. Misalnya saja cairan radiator.
BACA JUGA:Pas Banget Buat Liburan Akhir Pekan, 5 Tempat wisata di Tangerang yang Hits dan Populer
Sebagaimana kita ketahui bahwa radiator berfungsi sekaligus berperan penting dalam menjamin stabilitas suhu di dalam mobil.

Hal itu tentu saja tak lepas dari kondisi pergerakan di dalam mesin mobil yang sangat berpotensi menimbulkan peningkatan suhu yang mana bila tidak distabilkan maka akan akan memicu kondisi overheat.

Oleh sebab alasan itu, sangat disarankan sekali jangan sampai Anda telat mengganti cairan radiator. Mengingat, cairan di sini memiliki peranan yang sangat penting sekali dalam menjamin performa mobil itu sendiri.

Dengan demikian, langkah seperti jangan sampai telat dalam mengganti cairan radiator ini merupakan langkah perawatan rutin yang perlu diperhatikan oleh para pemiliknya.
BACA JUGA:5 Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat yang Paling Mempesona
Tidak Memperhatikan Kondisi Ban

Tak hanya soal cairan saja, ban juga turut serta menjadi salah satu sparepart penting pada mobil yang perlu mendapat perhatian khusus.

Bukan tanpa alasan mengingat bagian ban ini bersentuhan langsung dengan jalan sekaligus menopang beban kendaraan.

ika Anda seringkali tidak memperhatian ban maka kondisi ban akan mudah mengalami aus atau bahkan kebocoran.
BACA JUGA:Cocok Untuk Liburan Lebaran! Ini 7 Wisata di Ciamis
Padahal, harga ban mobil terbilang cukup mahal. Sehingga, tentunya Anda perlu memperhatikan perawatan dan kondisi pada ban mobil sebagai langkah perawatan rutin atau harian.

Untuk menjaga ban, usahakan memompa ban dengan tekanan standar sesuai petunjuk buku pedoman.

Bahkan, bila perlu usahakan menggunakan nitrogen saat pengisian. Karena, nitrogen lebih awet dan mampu menempati setiap sisi atau permukaan dalam ban secara merata sekaligus tidak mudah menguap dibanding angin biasa.

Maka dari itu, usahakan untuk selalu memperhatikan kondisi ban. Hindari membawa beban berat yang melebihi kapasitas maksimal agar ban tidak mudah aus ataupun bocor.
BACA JUGA:7 Wisata Tasikmalaya yang Keren, Cocok Isi Liburan Bersama Keluarga
Jarang Service Rutin

Tidak bisa dipungkiri bahwa service rutin merupakan hal penting dan mendasar dalam perawatan setiap kendaraan, tak terkecuali mobil.

Karena, dengan melakukan service rutin maka kondisi mobil akan selalu terkontrol dengan baik. Sehingga, bila sewaktu-waktu ada kerusakan maka Anda pun bisa segera melakukan perbaikan atau penggantian sparepart bila memang diperlukan.

Selain itu, jika mobil jarang kita service maka akan banyak endapan kotoran yang mungkin saja menempel dan menjadi lengket pada bagian permesinan. Apalagi di saat banjir atau musim hujan yang tentunya akan banyak lumpur yang menempel.

Di samping itu dengan melakukan service rutin tentu saja setiap komponen di dalam mobil akan selalu dalam kondisi bersih. Bahkan, oli mesin pun secara berkala akan mendapat pergantian yang membuat performa mesin kian awet.
BACA JUGA:7 Tempat Wisata di Garut 2023 Paling Favorit dan Wajib Dikunjungi Libur Lebaran
So, pastikan jangan sampai telat service ya kawan. Hindari juga service di bengkel non-resmi, akan lebih baik jika mobil Anda bawa ke bengkel resmi agar proses perbaikan atau pengecekan dilakukan sesuai standar pabrikan.

Jarang Dicuci

Malas mencuci mobil? Sebaiknya, rasa malas dalam mencuci mobil seperti ini harus Anda hindari sedini mungkin.

Meskipun mencuci mobil lebih cenderung sebagai perawatan eksterior namun bila Anda menyepelaan aspek ini, justru akan membuat mobil menjadi tampak tak terawat.
BACA JUGA:15 Tempat Wisata di Sukabumi yang Indah, Cocok Buat Isi Libur Lebaran
Karena mencuci mobil rutin dengan sabun khusus pencuci mobil tentu akan menghilangkan berbagai kotoran maupun debu lengket yang menempel di bodi mobil.

Tak hanya itu saja, bahkan bila ada beberapa lumpur yang menempel di area bawah bodi mobil pun juga turut bisa menjadi bersih karena dicuci.

Perlu Anda ketahui bahwa air hujan atau kotoran bila dibiarkan terlalu lama mengendap atau menempel di permukaan bodi maupun bagian bawah mobil akan lebih mudah memicu timbulnya jamur.

Bahkan, bilamana ada beberapa sektor yang berbahan besi maka sudah pasti akan memicu korosi atau karatan.
BACA JUGA:Bunga Sakura Ada di Jawa Barat? Cek 7 Rekomendasi Wisata Cianjur
Oleh karena itu, sangat disarankan sekali untuk selalu menjaga kebersihan mobil dengan mencuci mobil rutin.

Anda bisa mencuci mobil sendiri di rumah atau di tempat khusus pencucian mobil. Paling tidak 2 minggu sekali atau jika musim hujan tiba, sebaiknya dicuci 5 haru atau seminggu sekali.

Jika melihat beberapa aspek di atas, hal-hal yang harus Anda hindari memang secara tak langsung merupakan salah satu langkah perawatan mobil agar mobil awet dan tidak mudah rusak.

Terutama, menghindari mengabaikan beberapa hal penting, seperti lampu pada panel indikator, cairan radiator, dan juga tidak memperhatikan ban maupun service rutin.
BACA JUGA:Mau Liburan Lebaran? Ini 10 Rekomendasi Wisata Majalengka
Mengingat, beberapa aspek tersebut menjadi hal yang sangat penting guna menjaga performa sekaligus keawetan mobil agar tidak mudah rusak. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: