Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop yang Hang

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop yang Hang

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop yang Hang -Foto: Ist-

4. Ganti atau Upgrade RAM

Umumnya laptop mengalami hang karena terbatasnya memori dan ram yang tersedia. Maka dari itu perlu juga bagi kamu lakukan upgrade dengan menambah ram laptop. Hal itu bertujuan untuk membuat laptopmu menjadi lancar serta terhindar dari hang. Ganti menggunakan RAM dengan kapasitas besar.

5. Endtask atau Tutup semua aplikasi yang mengalami not responding

Membuka aplikasi banyak dan berderet membuat progaram yang sedang dijalankan menjadi terhenti alias crash. Jika itu yang terjadi umumnya laptop mengalami hang. Maka dari itu cara pertama dan paling sederhana untuk mengatasi laptop hang yaitu dengan menekan tombol CTRL+ALT+Del.

Menekan tombol tersebut secara bersamaan membuat laptop akan memunculkan task manager dan menjalani end task. Kondisi seperti itu membuat semua program akan tertutup secara otomatis dan berfungsi normal kembali.

BACA JUGA:Ini Nama-nama Dusun di Pagaralam Penuh Sarat Makna dan Sejarah

6. Cek kipas laptop

Terkadang laptop tiba-tiba mengalami hang berdampak pada laptop yang overheat. Hal ini bisa terjadi karena kipas laptop mati atau lemah sehingga tidak mampu melawan beban panas berlebih. Jika laptop mengalami kepanasan maka akan mengalami hang.

Laptop yang mengalami panas berlebih kerap menjadi alasan mengapa laptop bisa hang bahkan mati sendiri. Overheating disebabkan oleh laptop yang nggak mampu menahan beban panas yang disebabkan oleh program berat atau kipas yang rusak.

7. Hapus BIOS Cache

Laptop yang ngelag bahkan nge hang juga berakibat pada cache yang tersimpan cukup banyak dilaptop kamu. Maka lakukan BIOS Cache untuk mengembalikanya seperti semula. Bagaimana caranya?

  • Lakukan force Shutdown
  • Akses BIOS dengan cara F12, F11, F8, atau F2
  • Klik Advanced BIOS Features
  • Klik Disable BIOS dan tekan enter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: