Berwisata Religi ke Masjid Taqwa

Berwisata Religi ke Masjid Taqwa

Berwisata Religi ke Masjid Taqwa --

PAGARALAMPOS.COM, PAGAR ALAM - Berwisata di Kota Pagaralam, tidak lengkap jika belum mengunjungi masjid Taqwa yang beralamat di Beringin Jaya, Kecamatan Pagaralam Utara. masjid ini termasuk kategori masjid Jami’

Bangunan ini merupakan salah satu masjid kebanggan kota Pagaralam, lokasinya pun strategis karena bertempat di pusat kota alun-alun utara. Jika ingin wisata religi, bangunan ini salah satu masjid yang cocok untuk dikunjungi. 

BACA JUGA:Bersinergi Bersama Mewujudkan Keamanan dan Ketertiban Idul Fitri

Di sekitaran masjid ini terdapat halaman yang cukup luas sehingga sering kali menjadi tempat bermain anak-anak. Masjid At taqwa termasuk kategori masjid Jami dan dibangun pada tahun 1984.

Wisata religi sendiri sudah menjadi salah satu aktivitas yang akrab dilakukan masyarakat Indonesia, terutama di bulan suci Ramadan. Ketika wisata religi di masjid, pengunjung bisa melakukan sejumlah aktivitas dari mulai salat, ziarah dan itikaf.

BACA JUGA: Pengurus PGRI Kota Pagaralam Bagi 500 Takjil

"Banyak masjid di kota Pagaralam yang memiliki daya tarik historis sehingga tepat bila dijadikan sebagai tempat wisata religi. Disisi lain, masjid ini juga sering kali menjadi tempat kegiatan keagamaan seperti tausiyah, dan kegiatan amal oleh mahasiswa” ungkap Markus, salah satu pengurus masjid

BACA JUGA:Pasang Aplikasi Ini Langsung Dapat Saldo Dana Rp 500 Ribu, Cek Ini 5 Aplikasinya!

Selain itu, pada saat Ramadhan seperti sekarang ini, tak sedikit warga yang datang guna menyempatkan waktu untuk melakukan berbagai ibadah, seperti salah satunya itikaf di masjid. Itikaf pada bulan puasa memang menambah amal pahala, karena itu banyak jamaah yang menghabiskan waktu di masjid. 

BACA JUGA:MAN Insan Cendekia Pasuruan, SMA Terbaik di Jawa Timur

Disisi lain, pada masa sekarang ini masjid semakin perlu untuk difungsikan, diperluas jangkauan aktivitas dan pelayanannya serta ditangani dengan organisasi dan manajemen yang baik. Perlu tindakan mengaktualkan fungsi dan peran Masjid. Meskipun fungsi dan peran utamanya sebagai tempat menegakan shalat, namun Masjid bukanlah hanya tempat untuk melaksanakan shalat saja.

Tak hanya sebagai tempat ibadah, masjid juga dapat digunakan sebagai dakwah, pendidikan, serta kegiatan sosial seperti pembagian zakat, qurban, pernikahan, diskusi masalah umat, dan lain-lain. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: