Perlu Kamu Ketahui, Ini Tips Penting Agar Mesin Motor Awet

Perlu Kamu Ketahui, Ini Tips  Penting Agar Mesin Motor Awet

Perlu Kamu Ketahui, Ini Tips Penting Agar Mesin Motor Awet--

JAKARTA, PAGARALAM POS.COM – Perlu kamu ketahui, merawat mesin motor dengan langkah yang tepat dan benar sangat penting supaya mesin motor bisa awet dan tahan lama. Berikut tips yang penting agar mesin motor awet versi pagaralampos.disway.id yang dilansir dari berbagai sumber.

Merawat mesin motor dengan langkah tepat dan tidak asal-asalan supaya performa motor tetap prima.

Pernah mengalami kondisi motor mogok tiba-tiba di jalan? Atau, mungkin mesin motor cepat panas?

Jika Anda pernah mengalaminya, itu merupakan sebuah pertanda bahwa motor memerlukan sentuhan perawatan yang lebih serius lagi. Khususnya di sektor dapur pacu.

BACA JUGA:Pas Banget Buat Liburan Akhir Pekan, 5 Tempat wisata di Tangerang yang Hits dan Populer

Bukan tanpa alasan, mesin pada kendaraan roda dua ibarat sebagai tenaga penggerak yang membuat motor mampu melaju sesuai dengan kecepatan yang diinginkan.

Jika kondisi mesin pada sepeda motor bermasalah, tentu saja berkendara pun akan kurang nyaman.

Belum lagi ketika tiba-tiba motor tak mau hidup di tengah perjalanan jauh.

Agar mesin motor awet, tentu saja Anda harus bisa melakukan perawatan yang tepat.

BACA JUGA:5 Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat yang Paling Mempesona

Karena, kebanyakan orang hanya melakukan service rutin saja namun melalaikan aspek perawatan mesin motor lainnya.

Maka oleh sebab itu, sangat disarankan sekali untuk selalu memastikan kondisi mesin pada kendaraan roda dua Anda dalam kondisi fit sebelum melakukan perjalanan, khususnya perjalanan jauh.

Untuk sehari-hari, ada tips jitu yang perlu Anda tahu dan pahami agar mesin motor awet dan selalu dalam kondisi prima serta siap digunakan. Yuk, cek detailnya.

Tips Perawatan Mesin Motor agar Awet

BACA JUGA:Cocok Untuk Liburan Lebaran! Ini 7 Wisata di Ciamis

Dalam menjaga mesin kendaraan roda dua Anda, sebaiknya tetap menerapkan protokol standar dalam melakukan perawatan yang sesuai anjuran.

Supaya, langkah perawatannya lebih tepat sasaran dan tidak memicu kesalahan perawatan.

Gunakan Bahan Bakar Oktan Sesuai

Pertama, untuk menjaga agar mesin motor awet dan selalu dalam kondisi yang fit, diperlukan pemilihan bahan bakar yang tepat dan sesuai.

BACA JUGA:7 Wisata Tasikmalaya yang Keren, Cocok Isi Liburan Bersama Keluarga

Penggunaan BBM yang tepat, sudah jelas akan memberikan efek positif. Salah satunya motor menjadi lebih hemat dan sistem pembakarannya pun kian sempurna.

Selain itu, BBM yang memiliki kadar oktan sesuai spek motor, tentu akan jauh mendorong kondisi mesin tetap sejuk meskipun motor terus menerus digunakan sebagai alat transportasi utamanya.

Dalam hal ini, Anda tak perlu melulu menggunakan BBM oktan tinggi, namun lebih tepatnya BBM yang punya kadar oktan sesuai dengan spek motor.

Jika motor Anda tahun produksi awal 2000-an atau sebelumnya, akan lebih baik menggunakan bahan bakar Premium atau Pertalite karena spek motor pada zaman itu disesuaikan dengan BBM yang ada saat itu.

BACA JUGA:7 Tempat Wisata di Garut 2023 Paling Favorit dan Wajib Dikunjungi Libur Lebaran

Sedangkan, untuk keluaran tahun-tahun terbaru yang didominasi sistem injeksi, justru disarankan menggunakan pertamax sebagai bahan bakar terbaik untuk menjaga agar ruang pembakaran mampu beroperasi secara sempurna.

Panasi Mesin Motor dengan Tuas Kaki

Selain itu, untuk selalu menjaga performa motor agar selalu prima dan mumpuni, Anda perlu melakukan pemanasan mesin motor secara rutin.

Tentu saja, memanaskan mesin motor ini perlu dilakukan tiap pagi hari selama kurang lebih 5 menit saja.

BACA JUGA:15 Tempat Wisata di Sukabumi yang Indah, Cocok Buat Isi Libur Lebaran

Namun, yang harus dicatat, gunakan tuas kaki saat akan memanasi mesin motor Anda. Baik itu motor matic maupun motor bebek.

Karena, saat pagi hari dengan cuaca yang dingin, tentu saja mesin motor butuh waktu untuk adaptasi agar oli mesin merata.

Di sisi lain, saat kondisi motor dalam keadaan mati lebih dari 12 jam maka sistem kelistrikan juga membutuhkan dorongan tenaga melalui gerakan mesin motor.

Maka, untuk menjaga agar kelistrikan juga tetap terjaga, gunakan tuas kaki saat akan memanasi mesin motor.

BACA JUGA:Bunga Sakura Ada di Jawa Barat? Cek 7 Rekomendasi Wisata Cianjur

Cara seperti ini hendaknya Anda lakukan setiap hari tiap pagi meskipun motor tak akan digunakan. Sebab, untuk menjaga agar sirkulasi oli dalam melumasi tiap sela-sela dalam komponen mesin bisa tetap merata.

Atur Gas saat Berkendara secara Stabil

Saat Anda mengendarai motor, hendaknya untuk selalu menjaga kestabilan gas secara teratur di berbagai medan jalan.

Kenapa demikian? tentunya hal ini sebagai upaya agar nantinya mesin mampu beradaptasi atas gerakan komponen supaya bisa sesuai dengan putaran gas.

BACA JUGA:Bunga Sakura Ada di Jawa Barat? Cek 7 Rekomendasi Wisata Cianjur

Dengan proses seperti ini maka jelas sudah nantinya mesin akan menjadi lebih awet dan tahan lama meski sering digunakan.

Usahakan juga untuk menyesuaikan kecepatan mesin motor dengan medan jalan yang ditempuh. Jika jalan aspal rata dan lurus, Anda bisa menarik gas pada kecepatan tertentu.

Namun, bila melewati medan yang berkelok atau bergeronjal, sebaiknya selalu jaga kecepatan di 30 Km/jam untuk berjaga-jaga.

Tentu saja, langkah seperti ini patut untuk Anda terapkan sebagai cara dalam merawat moto agar lebih tahan lama dan mesinnya selalu prima.

BACA JUGA:Mau Liburan Lebaran? Ini 10 Rekomendasi Wisata Majalengka

Rutin Ganti Oli Mesin

Kemudian, satu hal yang paling krusial yang perlu Anda lakukan dalam menjaga atau merawat motor adalah selalu rutin mengganti oli mesin.

Dimana oli mesin di sini memiliki peranan yang sangat penting sekali sebagai pelumas tiap sela di dalam komponen mesin.

Dengan begitu maka sudah barang tentu gesekan antar komponen di dalam mesin bisa dikurangi tingkatnya untuk mencegah terjadinya keausan yang diakibatkan dari kondisi komponen yang saling bergesekan keras.

BACA JUGA:Menyelami Keindahan Laut dan Budaya Pulau Banda Neira: Pengalaman Wisata yang Tidak Terlupakan

Tak sampai di situ saja kawan. Bahkan, penggantian oli secara rutin pun juga akan memberikan kestabilan suhu dalam mesin menjadi lebih stabil.

Tentu saja, dengan kondisi suhu dalam mesin yang stabil maka mesin motor pun menjadi tidak mudah panas dan overheat, apalagi mogok secara tiba-tiba di jalan.

So, pastikan selalu untuk mengecek jadwal penggantian oli motor sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh pihak manufaktur.

Karena, jika saja Anda telat ganti oli maka dampak panjangnya dipastikan bakal memicu mesin menjadi lebih dominan mudah panas dan gesekan pun semakin keras yang diindikasikan dengan suara mesin kasar. (*)

BACA JUGA:Manokwari jadi Salah Satu Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: