Kenali Faktor Penyebab dan Jenis Makanan yang Dapat Picu Kanker Usus

Kenali Faktor Penyebab dan Jenis Makanan yang Dapat Picu Kanker Usus

Jenis Makanan dan Minuman yang Dapat Picu Kanker Usus -Foto: Ist-

BACA JUGA:Tips Mengatasi Diare yang Dapat Dilakukan di Rumah

Berikut ini adalah beberapa minuman dan makanan yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker usus besar, di antaranya: 

1. Daging Merah 

Sering konsumsi daging merah seperti daging sapi, domba, dan babi, dapat meningkatkan risiko untuk terkena kanker usus besar. Kaitan antara kanker dan konsumsi daging merah mungkin disebabkan karena munculnya zat berbahaya saat daging dimasak. Oleh karena itu, batasi asupan daging merah tidak lebih dari 500 gram per minggu. Daging merah juga tinggi lemak jenuh yang tidak sehat yang meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker prostat yang agresif.

2. Makanan Kemasan 

Meski makanan di dalam kemasan adalah makanan yang sehat, namun banyak kemasan yang dilapisi bisphenol, zat kimia yang digunakan dalam pembuatan plastik dan resin. Bisphenol atau dikenal sebagai BPA terkait dengan kanker payudara dan prostat. 

BACA JUGA:Tips Memilih Laptop yang Bagus untuk Mahasiswa

3. Asinan 

Asinan adalah salah satu makanan penyebab kanker usus besar karena kandungan pengawet dan nitrat di dalamnya yang bisa bersifat karsinogenik. Secara khusus, konsumsi asinan dalam jumlah banyak juga meningkatkan risiko kanker lambung dan kerongkongan, serta kanker tiroid dan ovarium pada beberapa wanita 

4. Makanan Tinggi Garam 

Terlalu banyak garam pada makanan menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan risiko kanker tertentu seperti kanker lambung, hidung, tenggorokan, dan pankreas. Seseorang yang berisiko mengalami hal ini adalah mereka yang berusia di atas 50 tahun dan menderita diabetes.

Selain itu, asupan garam yang tinggi menyebabkan masalah kesehatan lain seperti penyakit kardiovaskular, osteoporosis, dan obesitas—faktor risiko lain untuk banyak kanker.

BACA JUGA:7 Street Food Paling Unik dari Berbagai Negara di Dunia

5. Makanan Tinggi Gula 

Makanan yang mengandung tinggi gula berkontribusi terhadap obesitas, salah satu faktor yang meningkatkan risiko untuk kanker usus besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: