Bukit Serelo Lahat Miliki Daya Tarik Panorama Alam yang Eksotis

Bukit Serelo Lahat Miliki Daya Tarik Panorama Alam yang Eksotis

Bukit Serelo Lahat Miliki Daya Tarik Panorama Alam yang Eksotis-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Provinsi Sumatera Selatan dikenal luas akan keindahan alamnya. Selain memiliki Pagar Alam yang memesona, ada Bukit Serelo yang siap memanjakan kamu dan keluarga.

Terletak di Merapi Selatan, Kabupaten Lahat, atraksi wisata alam ini memang cukup jauh dari kota Palembang. Kamu harus menempuh perjalanan darat selama 3-4 jam untuk mencapai Bukit Serelo.

Namun, siap dibuat kagum, deh, dengan panorama alam yang cantik. Dikelilingi Sungai Lemantang, Bukit Serelo puncak yang menyerupai telunjuk manusia raksasa.

Lantaran bentuk yang unik, warga sekitar pun menjuluki bukit ini sebagai Bukit Tunjuk. Masih menjadi bagian dari taman wisata alam yang dikelola Pemprov Sulses, kamu menjumpai hutan tropis yang kaya akan oksigen.

BACA JUGA:Tips Mengatasi Diare yang Dapat Dilakukan di Rumah

1. Termasuk Bagian dari Bukit Terpanjang di Sumatera

Selain dikenal dengan sebutan ‘Gunung Jempol’ dan ‘Bukit Telunjuk’, bukit tersebut juga termasuk bagian dari Bukit Barisan yang merupakan bukit terpanjang di Pulau Sumatera. Jalur pendakiannya pun memiliki level kesulitan yang berbeda mulai dari jalur pendakian yang pertama hingga sampai ke bagian puncaknya.

Jika ditotal, waktu tempuh pendakiannya memerlukan kurang lebih 2 jam lamanya dengan perjalanan yang santai.

Level pertama adalah ketika memasuki gapura Bukit Serelo dimana wisatawan akan melewati area perkebunan sampai pos pertama. Di pos pertama wisatawan akan melihat aliran sumber mata air dari celah bebatuan.

Setelah melewati pos pertama, wisatawan membutuhkan tenaga ekstra karena jalur selanjutnya hingga ke puncaknya masih berbentuk bebatuan dan tanah. Mendekati puncak, sudut kemiringannya mencapai 75 derajat. Sampai di puncak, wisatawan akan mendapati bebatuan besar melewati jalur rerumputan, kerikil dan tanah.

BACA JUGA:Waspada, 5 Penyakit yang Kerap Terjadi Setelah Lebaran

2. Menyuguhkan Panorama yang Eksotis

Setelah bersusah payah mendaki bukit sampai ke puncaknya, wisatawan seharusnya merasa bangga karena puncak bukit tersebut pernah menjadi tempat mengibarkan bender dalam penyambutan acara besar yang digelar di tahun 2018 yakni Asian Games. Karena itulah, puncak bukitnya menjadi landmark Kabupaten Lahat.

Panorama yang disuguhkan dari puncak bukit adalah berupa pemandangan perkotaan dari atas ketinggian dan juga sungai yang lokasinya mengelilingi bukit tersebut. Udara segar khas pegunungan akan menemani wisatawan selama berada di puncak Bukit Serelo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: