Keluar Gumpalan Darah Saat Haid, Berbahayakah? Yuk Simak Penjelasannya Disini

Keluar Gumpalan Darah Saat Haid, Berbahayakah? Yuk Simak Penjelasannya Disini

Keluar Gumpalan Darah Saat Haid, Berbahayakah? Yuk Simak Penjelasannya Disini-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Saat haid, lapisan dinding rahim akan meluruh. Dalam prosesnya, tubuh akan mengeluarkan protein untuk membantu meluruhkan dinding rahim yang disebut dengan antikoagulan. 

Antikoagulan inilah yang mengencerkan darah haid agar proses pengeluaran darah menjadi lebih mudah.

Namun, saat aliran darah yang dikeluarkan cukup deras, tubuh tidak mampu memproduksi antikolagen yang cukup sehingga terbentuklah gumpalan darah haid. 

Kamu tidak perlu khawatir jika gumpalan darah yang dikeluarkan masih dalam jumlah sedikit. Kecuali jika darah haid menggumpal secara teratur setiap kamu haid, itu bisa jadi pertanda ada masalah dengan kondisi kesehatan rahim kamu.

Penyebab Lain yang Harus Diwaspadai Jika darah haid menggumpal berlangsung lebih dari tujuh hari, atau ukuran gumpalan tersebut cukup besar, segera periksakan kondisi Anda ke dokter. 

BACA JUGA:Ini 6 Olahraga untuk Mencegah Gula Darah Tinggi

Bisa jadi, kondisi tersebut menandakan adanya masalah kesehatan seperti: 

1. Adenomyosis 

Penyebab darah menggumpal saat haid berikutnya adalah adenomyosis. Seseorang dengan kondisi ini memiliki rahim yang tumbuh ke dalam dinding otot rahim. Akibatnya, lapisan endometrium dan dinding rahim lebih tebal daripada normalnya. Kondisi ini menyebabkan aliran darah saat haid tiba bisa berlangsung lebih berat. Pada akhirnya, risiko terbentuknya gumpalan darah haid bisa meningkat. 

2. Keguguran 

Terkadang seorang wanita tidak menyadari bahwa mereka hamil. Akibatnya, saat mengalami keguguran, kondisi ini diasumsikan sebagai haid biasa. Ketika mengalami keguguran, seseorang akan mengeluarkan gumpalan darah dari rahimnya. Ukurannya bermacam-macam bergantung pada usia kehamilan.

BACA JUGA:6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Sedang Haid

3. Kanker 

Darah haid yang menggumpal bisa menandakan adanya keganasan alias kanker. Perlu diketahui, dua jenis kanker—yaitu kanker rahim dan kanker serviks—memiliki gejala berupa keluarnya gumpalan darah. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah darah yang menggumpal tersebut bisa muncul ketika siklus haid berlangsung atau setelah berhubungan seks. Itulah berbagai kemungkinan penyebab darah menggumpal saat haid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: