Wajib Kamu Ketahui, Ban Mobil Berdecit Saat Berbelok Ini Dia Penyebabnya
Wajib Kamu Ketahui, Ban Mobil Berdecit Saat Berbelok Ini Dia Penyebabnya--
Saat mobil berbelok tidak ada perlawanan yang cukup terhadap kekuatan fisik, sehingga tapak ban mencoba menemukan kontak yang tepat dengan permukaan jalan.
Saat ini terjadi, karet ban biasanya melorot ke samping karena bentuk jalan yang berbelok, dan membuat ban berdecit saat berbelok di tikungan.
Untuk mobil jenis city car, rekomendasi tekanan angin adalah 30-36 psi, sementara untuk mobil SUV adalah 35-40 psi.
Keausan yang Tidak Merata
Tapak ban menjadi kunci untuk kendaraan mendapatkan traksi yang cukup.
Saat keausannya tidak merata, ban biasanya mengeluarkan suara berdecit, bahkan sebelum melewati belokan. “Untuk menghindari keausan tidak rata, ban perlu diperiksa secara berkala.
Mulai dari balancing dan rotasi, tekanan angin ban, suspensi, hingga kondisi tapak paling luar untuk menghindari adanya paku atau kerikil yang menancap,” ujar Apri.
Roda Tidak Sejajar
Pengaturan camber dan toe dari pelurusan roda membantu posisi roda sejajar antara satu sama lain dan permukaan jalan.
Camber merupakan sudut kemiringan roda secara vertikal jika dilihat dari posisi depan dan belakang mobil.
Sementara toe adalah sudut roda jika dilihat dari atas kendaraan, di mana roda kendaraan tidak lurus 0 derajat. “Jika salah satu komponen tidak sejajar, ban bisa mengalami keausan tidak merata dan menyentuh permukaan jalan dengan posisi yang salah,” kata Apri.
Penting untuk diingat bahwa penyelarasan roda berbeda dan penyeimbangan ban, merupakan prosedur yang berbeda.
Karena penyelarasan roda dapat mempengaruhi posisi suspensi, sementara penyeimbangan ban dilakukan dengan distribusi bobot di dalam ban.
Kerusakan Sabuk Mesin (Fan Belt)
Hal itu juga menjadi salah satu penyebab kerusakan pompa power steering, ditandai dengan setir yang terasa berat saat dikemudikan.
Kebiasaan Mengemudi yang Buruk
Untuk memastikan kemudi, suspensi, roda, dan ban dalam kondisi prima dan bertahan lebih lama, pastikan untuk menghindari akselerasi dan pengereman mendadak.
Karena keduanya membuat karet ban menjadi kikis dan menyebabkan keausan.
Saat melewati tikungan juga disarankan untuk tidak mengemudikannya dengan kecepatan tinggi.
Sebab perbedaan antara ban dan titik arah mobil dapat menghasilkan suara berdecit serta suhu juga meningkat dengan cepat.
Biasanya menyebabkan ban menua sebelum waktunya. (*)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: