Harus Tahu! 7 Tempat Wisata Tersembunyi dan Eksotis di Lombok Timur

Harus Tahu! 7 Tempat Wisata Tersembunyi dan Eksotis di Lombok Timur

Harus Tahu! 7 Tempat Wisata Tersembunyi dan Eksotis di Lombok Timur--

PAGARALAMPOS.COM - Lombok masih menjadi surga bagi para pencari keindahan alam. Pulau ini memiliki banyak sekali pilihan spot indah mulai dari pulau-pulau kecil, pantai menawan, air terjun nan megah, hingga puncak gunung dan kawahnya. 

Kabupaten Lombok Timur merangkum semua keindahan yang ada di Lombok. Semua tipe wisata alam bisa kamu temukan di bagian timur pulau ini. Beragamnya variasi wisata di sini menjadi bukti bahwa Lombok Timur memiliki potensi wisata luar biasa yang belum sepenuhnya direalisasikan. Inilah beberapa tempat wisata terbaik di Lombok Timur.

1. Bukit Sembalun

BACA JUGA: Rumah Sederhana Ini Ditawar Rp2,5 Miliar, Di Pagar Alam Juga Ada?

Sebenarnya tidak adil untuk menulis Sembalun dalam satu bagian saja karena tempat ini memang spektakuler. Sembalun merupakan salah satu pusat wisata di Lombok saat ini. Yang paling terkenal dari kecamatan di Lombok Timur ini adalah bukit-bukitnya yang punya pemandangan luar biasa. Bukit Sembalun dan Pergasingan memberikan pemandangan berupa lembah dan sawah berwarna-warni dengan latar belakang bukit yang indah.

Sembalun juga merupakan salah satu titik pendakian ke puncak Gunung Rinjani dan ke kawahnya, Danau Segara Anak. Hampir semua sisi tempat ini memiliki pemandangan memukau. Bukan cuma alamnya, Sembalun juga kaya akan budaya. Di sini kamu bisa belajar tentang kebudayaan kuno Sembalun di Desa Beleq yang masih punya rumah adat peninggalan berabad silam.

2. Tanjung Bloam 

Lombok Timur punya banyak pantai indah, terutama di bagian tenggara. Meski belakangan banyak dilakukan pembangunan jalan, akses ke sebagian pantai di wilayah ini masih sangat sulit. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi jika ke Lombok Timur adalah Tanjung Bloam (kadang juga disebut Tanjung Beloam). Pantai eksotis ini bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Meski jalan yang bakal dilalui belum mulus, perjalanan ke pantai indah ini akan terbayar lunas setelah kamu sampai.

BACA JUGA:6 Destinasi Wisata Di Lombok Tengah ini, Bakalan Bikin Kamu Belajar Budaya Dan Refreshing!

Ada dua jenis pantai di sini. Yang pertama adalah pantai dengan pasir putih. Tapi yang lebih populer justru pantai dengan gugusan tebing dan batuan yang menjorok ke laut. Seolah ada jembatan alami yang menjadi jalan kamu ke tengah laut. Di ujung batuan itu, ada bukit berbentuk kerucut yang ditumbuhi banyak tanaman hijau. Tempat ini pastinya sangat instagramable. Tapi kamu kudu berhati-hati ya, ombak di sini bisa sangat ganas!

3. Air Terjun Mangku Sakti

Kaki Gunung Rinjani merupakan surga bagi pecinta kesegaran air terjun. Ada banyak sekali air terjun indah yang mengelilingi gunung ini, tersebar di empat kabupaten di Pulau Lombok. Di Lombok Timur, kamu bisa menemukan air terjun Mangku Sakti. Konon, air terjun ini merupakan aliran air dari danau di kawah Rinjani, Danau Segara Anak.

Mangku Sakti didominasi oleh banyak batuan dengan aliran air terjun yang deras. Tempat ini bisa terlihat luar biasa, baik dari dekat maupun dari jauh. Kolam di bawah air terjunnya berwarna hijau toska. Airnya adem, pas banget buat basah-basahan dan menghilangkan lelah!

Air terjun ini dikelola oleh masyarakat sekitar. Meski akses ke air terjun ini relatif sulit karena harus melewati hutan, kamu bisa menggunakan jasa ojek atau pemandu berpengalaman, jadi tak perlu khawatir tersesat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: