Di Lombok Barat Tersimpan Wisata Memukau, Ini Daftarnya!

 Di Lombok Barat Tersimpan Wisata Memukau, Ini Daftarnya!

Di Lombok Barat Tersimpan Wisata Memukau, Ini Daftarnya!--

PAGARALAMPOS.COM, Lombok Barat -  Lombok Barat merupakan salah satu bagian dari Nusa Tenggara barat (NTB), Ada banyak tempat wisata di Lombok yang belum tersentuh oleh pembangunan. Lombok Barat yang berbatasan langsung dengan Bali bisa menjadi destinasi pilihan bagus karena memiliki tipe wisata yang sangat beragam; mulai dari hutan dan sumber air bening, hingga menyelam bersama para pemangsa di dasar samudra.

Ada banyak pilihan bagi semuanya, dari yang suka riuh berpesta sampai yang ingin menyendiri di pantai yang serasa milik pribadi. 12 Destinasi wisata di Lombok Barat ini akan membuat kamu mengerti mengapa Lombok juga tak kalah dari Bali.

1. Bukit Malimbu

BACA JUGA: Mau Masuk Pesantren? Ini 5 Rekomendasi Pondok Pesantren Terbaik di Surabaya!

Kalau kamu menjelajahi pesisir barat Lombok, kamu bakal berkendara melewati jalan berliku naik dan turun. Jalan tepi pantai dari Mataram, melewati Senggigi, Malimbu, hingga Pamenang adalah rute yang istimewa. Memang menantang, tapi hadiahnya juga menggiurkan. Sepanjang jalan, kamu akan melihat pemandangan menakjubkan dari pantai-pantai dan perbukitan di perbatasan Lombok Barat dan Lombok Utara.

Cobalah datang ke Bukit Malimbu pada sore hari menjelang matahari tenggelam. Kamu akan dibuat terperangah dengan pemandangan emas jingga senja yang menggelora. Pilih salah satu sudut Malimbu untuk mengagumi langit yang berubah warna sebelum akhirnya gelap menutupinya. Dari Malimbu ini pula kamu bisa melihat Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gunung Agung di Bali dari kejauhan.

2. Pantai Nambung

Tak banyak air terjun yang langsung mengalir ke laut atau ke pantai di Indonesia. Lebih sedikit lagi air terjun yang mengalirkan air asin ke laut. Itulah yang bisa kamu temui di Pantai Nambung. Dari sebuah tebing karang di sisi laguna yang tenang, akan ada semburan air dan kemudian diikuti dengan air terjun setiap kali ada ombak yang datang. Air terjun ini punya nama lokal ‘Tanjung Jagog’.

BACA JUGA:Kota Pagar Alam, Menikmati Keindahan Serpihan Surga di Tengah Sumatera Selatan

Ya, air terjun di Pantai Nambung memang tercipta dari ombak pasang yang menghantam karang, kemudian dialirkan ke sisi lainnya. Meski tidak berlangsung terus menerus, tapi pertunjukan alami ini sangat spektakuler. Untuk sampai ke tempat wisata Lombok Barat ini, kamu harus berjalan melewati bebatuan karang. Kamu bisa berenang di laguna sambil menunggu disiram air terjun yang datang secara berkala itu. Sungguh seru.

Lokasi: Dusun Pengantap, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Harga tiket masuk: Gratis

3. Hutan Lindung Sesaot

Berada di kaki Gunung Rinjani, Hutan Lindung Sesaot berhawa sejuk dan akan membuat siapa saja yang berkunjung merasa betah. Suasana hutan yang masih terjaga secara alami, ditambah dengan gemericik air kemanapun kaki melangkah akan membuat pikiran menjadi tenang. Semua masalah akan sejenak terlupakan.

Hutan ini konon memiliki 40 mata air yang pada akhirnya membentuk satu aliran sungai. Namun di kerimbunan Sesaot, ada beberapa titik yang wajib kamu kunjungi. Yang pertama adalah kolam Aiq Nyet yang berarti ‘kolam Air Dingin’. Kolam ini lebih terlihat layaknya danau alami dengan air yang selalu jernih. Lalu ada Pancor Enem, enam pancuran yang airnya tak pernah kering bahkan di musim kemarau. Jika lapar, warung-warung di sekitar kolam menawarkan makanan khas Lombok; Sate Bulayak yang menggugah selera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: