Keluarga Sakinah dalam Islam: Pengertian, Karakteristik, dan Upaya Mewujudkannya

Keluarga Sakinah dalam Islam: Pengertian, Karakteristik, dan Upaya Mewujudkannya

Keluarga Sakinah dalam Islam: Pengertian, Karakteristik, dan Upaya Mewujudkannya. -Oleh Lili Agustian, S.Ag. Penghulu/ Kepala KUA Kec. Sukamerindu, Kab.Lahat.--

PAGARALAMPOS.COM - Dalam ajaran Islam yang telah dijabarkan dalam Al Quran, salah satu tujuan pernikahan adalah untuk menciptakan sakinah, mawaddah, dan rahmah. 

Membangun keluarga yang sakinah merupakan salah satu impian bagi setiap calon pasangan suami istri. Mewujudkan keluarga sakinah dipercaya sebagai salah satu kunci kebahagiaan suatu keluarga.

 

Pengertian Keluarga Sakinah

Kata Sakinah berasal dari kata sakana yang berarti diam, atau tenang setelah terguncang dan sibuk. Demikian Dr. Hj. Riadi Jannah Siregar, M.A menjelaskan arti kata sakinah dalam buku berjudul, Pernikahan Sakinah Mencegah Perceraian.

Sementara menurut Al-Jurjani, salah seorang ahli bahasa, sakinah adalah adanya ketentraman dalam hati pada saat datangnya sesuatu yang tidak terduga.

BACA JUGA:Masyarakat Diperbolehkan Bukber? Ini Kata Presiden!

Dari dua arti di atas disebutkan bahwa maksud dari keluarga Sakinah adalah keluarga yang tenang, tentram, penuh kebahagiaan, dan sejahtera baik secara lahir atau batin, serta tidak gentar ketika menghadapi ujian yang ada dalam rumah tangga.

Hal ini ditegaskan dalam surat Ar Rum ayat 21.

 

وَمِنۡ اٰيٰتِهٖۤ اَنۡ خَلَقَ لَكُمۡ مِّنۡ اَنۡفُسِكُمۡ اَزۡوَاجًا لِّتَسۡكُنُوۡۤا اِلَيۡهَا وَجَعَلَ بَيۡنَكُمۡ مَّوَدَّةً وَّرَحۡمَةً  ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّتَفَكَّرُوۡنَ

 

Artinya: “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: