Catat! Inilah Adab yang Diajarkan Nabi Muhammad Saat Bertamu

Catat! Inilah Adab yang Diajarkan Nabi Muhammad Saat Bertamu

Catat! Inilah Adab yang Diajarkan Nabi Muhammad Saat Bertamu--

Ibrahim berkata: “Apakah kamu memberi kabar gembira kepadaku padahal usiaku telah lanjut, maka dengan cara bagaimanakah (terlaksananya) berita gembira yang kamu kabarkan ini? (QS. al-Hijr : 51-54)

Kemudian, usahakan memakai pakaian yang layak dan sopan. Hal ini lebih akan membawa kenyamanan saat bertamu. Allah SWT berfirman dalam surat al-A’raaf ayat 26 yang berbunyi:

 

يَٰبَنِيٓ ءَادَمَ قَدۡ أَنزَلۡنَا عَلَيۡكُمۡ لِبَاسٗا يُوَٰرِي سَوۡءَٰتِكُمۡ وَرِيشٗاۖ وَلِبَاسُ ٱلتَّقۡوَىٰ ذَٰلِكَ خَيۡرٞۚ ذَٰلِكَ مِنۡ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ لَعَلَّهُمۡ يَذَّكَّرُونَ ٢٦

 

Artinya: "Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat." (QS al-A’raaf : 26).

BACA JUGA: 5 Amalan di Bulan Ramadhan yang Wajib Dilakukan, Salahsatunya Bikin Tercengang!

Tamu hendaknya bersalaman dengan tua rumah baik saat baru tiba atau saat berpamitan pulang. Nabi pernah bersabda,

“Apabila kamu saling jumpa, maka saling mengucapkan salam dan bersalam- salaman, bila saling berpisah, maka berpisahlah dengan ucapan istigfar”. (HR At Tahawi).

 

Tuan rumah hendaknya manyajikan hidangan. Allah SWT berfirman,

 

رَاغَ إِلىَ أَهْلِهِ فَجَاءَ بِعِجْلٍ سَمِيْنٍ . فَقَرَّبَهُ إِلَيْهِمْ قَالَ آلاَ تَأْكُلُوْنَ

 

“Dan Ibrahim datang pada keluarganya dengan membawa daging anak sapi gemuk kemudian ia mendekatkan makanan tersebut pada mereka (tamu-tamu Ibrahim-ed) sambil berkata: ‘Tidakkah kalian makan?'” (Qs. Adz-Dzariyat: 26-27)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: