5 Amalan Sunnah Baik Dikerjakan Untuk Hari Jumat

5 Amalan Sunnah Baik Dikerjakan Untuk Hari Jumat

5 Amalan Sunnah Baik Dikerjakan Untuk Hari Jumat--

PAGARALAMPOS.COM - Bagi umat Islam, Hari Jumat memiliki banyak keutamaan. Ada banyak amalan yang bisa kita lakukan di hari Jumat. Tentu saja, hal itu menjadi kesempatan bagi kita untuk meraih pahala sebanyak mungkin dan berharap agar dosa-dosa kita Allah ampuni.

Lalu, amalan apa saja yang bisa kita lakukan? Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di hari Jumat.

1. Perbanyak membaca Al Qur’an


Diriwayatkan dari sahabat Abu Sa’id Al-Khudhri RA, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR An-Nasa’i dan Baihaqi)
Bagi seorang muslim, membaca Al Quran merupakan kebutuhan.

Tidak sekedar membaca, kita pun dianjurkan untuk memaknai setiap ayat yang kita baca. Dan salah satu surat yang dianjurkan untuk dibaca di hari Jumat adalah Al Kahfi.


BACA JUGA:4 Waktu Terbaik Bertadarus Al-Qur'an di Bulan Ramadhan

2. Perbanyak shalawat


Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadits riwayat Aus bin Aus yang artinya:
“Sesungguhnya di antara hari-harimu yang paling utama adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu beliau wafat, pada hari itu juga ditiup (sangkakala), dan pada hari itu juga mereka pingsan. Maka perbanyaklah shalawat kepadaku karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku.”

Salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di hari Jumat adalah memperbayak shalawat.



3. Perbanyak dzikir dan doa

Dzikir adalah mengingat Allah yang meski bisa dilakukan kapan saja, namun ada baiknya hal tersebut juga diperbanyak untuk dilakukan pada hari Jumat. Bukan tanpa alasan, ada banyak manfaat berzikir yang dilakukan pada hari Jumat.

Selain dzikir, amalan lain yang dianjurkan adalah berdoa. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat suatu waktu yang jika pada waktu itu seorang Muslim tepat berdoa memohon kebaikan kepada Allah maka Allah akan mengabulkannya, dan rentang waktu cukup singkat.” (HR Muslim)

BACA JUGA:Bulan Ramadhan, Harga Daging di Pagar Alam Alami Kenaikan

Salah satu keutamaan hari Jumat adalah akan dikabulkannya setiap doa seorang muslim. Pada dasarnya, sebagai muslim kita pasti berdoa setiap waktu. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan ikhtiar, sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa dihari Jumat agar hajat kita bisa segera dikabulkan.

4. Membersihkan diri

Salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan lainnya adalah membersihkan diri salah satunnya bagi para laki-laki yang akan menunaikan shalat Jumat.

Rasulullah SAW juga menganjurkan amalan yang lain yang bisa dilakukan dengan mudah.

“Hendaklah juga ia menyikat gigi dengan siwak,” (HR Bukhari dan Muslim).

Bukan hanya mandi dan sikat gigi, memotong kuku juga menjadi amalan hari Jumat yang bernilai pahala.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Tempat Bukber di Lahat

5. Memakai pakaian terbaik dan wewangian

Selain membersihkan diri, seorang muslim juga dianjurkan untuk memakai pakaian terbaik dan wewangian di hari Jumat.

Rasulullah SAW mendorong umatnya untuk membeli pakaian terbaik agar bisa dikenakan pada hari yang istimewa, yakni hari Jumat. Beliau bersabda:

“Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk salat Jumat, kecuali pakaian untuk bekerja,” (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani).

Terkait dengan wewangian, Rasulullah SAW juga bersabda:

“Barang siapa yang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu salat sesuai dengan kemampuan dirinya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: