BPP Atung Bungsu Kenalkan Biosaka Kepada Petani

BPP Atung Bungsu Kenalkan Biosaka Kepada Petani

Foto: ist/Pagaralampos.com BIOSAKA : Pembuatan cairan Biosaka yang diikuti penyuluh pertanian di BPP Atung Bungsu Kecamatan Dempo Selatan.--

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM – Untuk menggalakkan pertanian organik, Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Atung Bungsu, Kecamatan Dempo Selatan mengenalkan cara  pembuatan Biosaka.

“Biosaka ini fungsinya untuk memperbaiki sel tanaman dan memberikan signal supaya pemanfaatan hara ditanah lebih baik. Biosaka bukan pupuk bukan pula pestisida bukan juga hormon,” ucap Kepala BPP Atung Bungsu Agustomo SP kepada Pagaralampos.co, Jumat (24/3/3023).

Biosaka ini adalah larutan. Yang dibuat dengan cara mengekstrak sejumlah jenis tumbuhan yang berperan sebagai elisitor yang dapat meningkatkan produktivitas tanaman. 

Sisi lain, Biosaka penting untuk menjaga unsur hara tanah. Pada kesempatan pelatihan yang melibatkan petugas PEEP POPT, penyuluh pertanian ini sebagai bentuk dukungan BPP Atung Bungsu terhadap pengembangan disektor pertanian.

“Penggunaan Biosaka dalam usaha tani merupakan salahsatu upaya perlindungan tanaman berbasis ekologi untuk menjaga kelestarian lingkungan,” ucap Agustomo disela menyampaikan materi petemuan 2 mingguan bersama penyuluh pertanian di Kantor BPP Atung Bungsu.

Giat yang diinisiasi BPP Atung Bungsu akan direcord implementasinya dilapangan. Dalam hal ini reaksi tanaman terhadap penggunaan Biosaka yang cara penggunaannya cukup disemprot embun. 

Diharapkan, penggunaan Biosaka ini  adalah bentuk kesadaran petani  “Pengenalan Biosaka ini antusias direspon petani. Yang nantinya mereka siap menyiapkan demplot demplot  oleh Poktan,” pungkas Agustomo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: