Catat! Inilah Cara Sholat Tarawih di Rumah 11 Rakaat

Catat! Inilah Cara Sholat Tarawih di Rumah 11 Rakaat

Foto : Dok/Pagaralampos.com Tata cara sholat tarawih untuk dirumah--

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM - Cara sholat tarawih di rumah 11 rakaat harus dilakukan secara benar sesuai dengan tuntunan agama Islam. 

Sholat tarawih sendiri ialah ibadah yang hukumnya sunnah muakkad dan dilakukan selama bulan Ramadan.

Sholat tarawih di rumah sudah dijelaskan dalam salah satu hadist Nabi Muhammad yang berbunyi:

 

مَا زَالَ بِكُمُ الَّذِى رَأَيْتُ مِنْ صَنِيعِكُمْ ، حَتَّى خَشِيتُ أَنْ يُكْتَبَ عَلَيْكُمْ ، وَلَوْ كُتِبَ عَلَيْكُمْ مَا قُمْتُمْ بِهِ فَصَلُّوا أَيُّهَا النَّاسُ فِى بُيُوتِكُمْ ، فَإِنَّ أَفْضَلَ

صَلاَةِ الْمَرْءِ فِى بَيْتِهِ ، إِلاَّ الصَّلاَةَ الْمَكْتُوبَةَ

 

"Kalian masih melakukan apa yang aku lihat dari sikap kalian. Aku khawatir shalat ini akan diwajibkan bagi kalian. Kalau shalat tarawih diwajibkan, kalian tidak bisa melaksanakan. Hendaknya kalian shalat di rumah-rumah kalian karena sesungguhnya shalat seseorang yang terbaik adalah di rumahnya kecuali shalat fardhu." (HR Bukhari).

BACA JUGA:Profesi Guru Harus Mendapat Perlindungan Hukum dalam Menjalankan Tugas

Keutamaan Sholat tarawih Dijelaskan Dalam Hadist

Sholat tarawih di rumah merupakan salah satu pilihan apabila Anda kurang merasa tenang dan tidak fokus jika menjalankannya di masjid. Sebab biasanya beberapa orang akan merasa jika imam memimpin sholat terlalu lamban atau sebaliknya, sehingga ini membuat dirinya sebagai jamaah kehilangan fokusnya.

Pelaksanaan sholat tarawih ini hukumnya adalah sunnah muakkad. Setiap umat Islam bisa menjalankannya guna meraih keutamaan seperti yang sudah dijelaskan dalam hadist berbunyi:

 

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: