8 Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera

8 Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera

8 Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera--

PAGARALAM,PAGARALAMPOS.COM - Gunung Tertinggi Di Pulau Sumater berada di zona Cincin Api Pasifik membuat Indonesia memiliki banyak sekali gunung di setiap daerahnya. 

Hampir semua pulau di Indonesia punya banyak gunung, baik aktif maupun yang sudah mati, termasuk di Pulau Sumatera.

Sebagai pulau terbesar ketiga di Indonesia, terdapat cukup banyak gunung menjulang yang ada di Sumatera. 

Tentu semakin tinggi gunungnya, akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki yang tergabung di kelompok pecinta alam.

BACA JUGA:8 Destinasi Wisata Religi di Palembang yang Wajib Dikunjungi

Meski begitu, tidak semua gunung tinggi di Sumatera sebenarnya cukup aman bagi para pendaki. 

Sebab, banyak di antara gunung tersebut belum pernah didaki sebelumnya dan cukup berbahaya. Karena itu, berikut ini adalah daftar gunung tertinggi di Pulau Sumatera yang cocok buat kamu daki!

1. Gunung Kerinci 

Terletak di perbatasan provinsi Jambi dan provinsi Sumatera Barat, Gunung Kerinci punya ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut. 

BACA JUGA:10 Tempat Wisata di Sumatera Selatan yang Wajib Dikunjungi

Karena itu, Kerinci menjadi gunung tertinggi di Pulau Sumatera.

Ketinggian Gunung Kerinci sendiri hanya kalah dari Gunung Jaya Wijaya di Papua yang merupakan gunung tertinggi di Indonesia. 

Gunung ini sendiri merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan. Puncak dari Gunung Kerinci pun punya nama yaitu Indrapura.

Secara administratif, gunung ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Seblat. Perlu kamu tahu, taman nasional ini merupakan habitat bagi Harimau dan Badak Sumatera yang hampir punah. Karena itu, di sekitar Gunung Kerinci dipenuhi hutan tropis yang punya keindahan menakjubkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: