Ziarah Makam Ramai, Penjual Bunga ‘Panen’ Untung

Ziarah Makam Ramai, Penjual Bunga ‘Panen’ Untung

Foto: edo/Pagaralampos.com OMZET: Memasuki bulan suci Ramadhan, penjual bunga di TPU Ayek Betung ketiban untung dengan omzet penjualan yang turut meningkat. --

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM – Sudah menjadi tradisi, jika ziarah makam menjelang bulan suci Ramadhan, rutin dilakukan umat Muslim di Indonesia.

Pun di Kota Pagaralam, umat muslim ziarah kubur ke makam salahsatu keluarga maupun kerabat, yang sudah meninggal dunia.

Ziarah makam jelang Ramadhan ini, menjadi berkah tersendiri bagi penjual bunga hingga air di sekitar Tempat Pemakamam Umum (TPU) Ayek Betung Kelurahan Besemah Serasan, Kecamatan Pagaralam Selatan.

Susi, salah seorang penjual bunga mengatakan, dirinya bisa meraup untuk sekira Rp800 ribu, dalam sehari saat momen ziarah makam jelang Ramadhan ini, apalagi ziaran makam ini akan ramai dilakukan masyarakat, sepekan atau mendepatan masuknya bulan suci Ramadhan tiba.

BACA JUGA:Kapolres Pagaralam Salurkan Logistik Kepada Warga Terdampak Bencana Bandang

“Sepakan jelang tiba bulan suci Ramadhan. Para penziarah makam itu, sudah mulai ramai terlihat, dengan mendatangi makam sanak keluarga maupun kerabatnya. Tapi, kalau di hari-hari biasa, tidak begitu ramai karena mungkin banyak kesibukan kerja,” ujar Susi.

Dalam satu kantong kresek berisikan bunga, kata Susi, dirinya mematok harga Rp5 ribu, begitu pula untuk air sudah disediakan, sehingga tidak menyulitkan lagi penziarah yang ingin ke makam.

“Sehari-hari juga kita kerap jualan bunga. Pun nanti pas Idul Fitri tiba kita akan menjual bunga lagi,” ungkapnya.

Sementara, Julianto warga Lahat yang berziarah ke makam keluarganya di Ayung Betung menuturkan, bahwa dirinya mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Pagaralam dan pengurus Makam Ayek Betung, sebab kondisi pemakaman begitu terawat, bersih dan rapi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: