Kenali Manfaat Rumput Laut yang Baik untuk Tubuhmu

Kenali Manfaat Rumput Laut yang Baik untuk Tubuhmu

Kenali Manfaat Rumput Laut yang Baik untuk Tubuhmu-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Rumput laut memang tumbuh di semua wilayah yang berbeda di dunia, tetapi yang paling umum Anda temukan adalah di sejumlah masakan Asia. Bahkan, mungkin Anda menjadi salah satu yang suka menyantapnya dengan sushi, salad, sup,atau bahkan semur. Banyak dari Anda yang pastinya mulai menyadari bahwa Rumput laut memiliki kandungan gizi dan memberikan beberapa manfaat kesehatan.

Kandungan Rumput Laut Sebelum Anda mengetahui khasiat rumput laut, ada baiknya terlebih dahulu ketahui kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat makan rumput laut yang bisa Anda dapatkan, di antaranya: 

1. Mengurangi Risiko Osteoporosis 

Oksidasi dari radikal bebas ada kaitannya dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk osteoporosis. Rumput laut mengandung senyawa antioksidan yang disebut fucoidan, senyawa yang telah terbukti mencegah kerusakan tulang yang diakibatkan akibat radikal bebas. Secara khusus, senyawa tersebut melindungi osteoblas (sel yang berfungsi untuk membangun tulang) terhadap kematian sel yang mungkin disebabkan oleh stres oksidatif. Rumput laut juga menyediakan vitamin K dan kalsium, dua nutrisi penting untuk kekuatan tulang.

BACA JUGA:8 Kondisi Penyebab Payudara Terasa Nyeri

2. Mencegah Asma 

Sebuah penelitian mengungkapkan, asupan rumput laut dan makanan laut yang lebih rendah dikaitkan dengan risiko asma yang lebih tinggi. Lemak tak jenuh dan vitamin pada tumbuhan berklorofil ini dipercaya melindungi tubuh dari kondisi tersebut. Meski begitu, klaim ini diperlukan penelitian lanjutan untuk memastikan manfaatnya. 

3. Meningkatkan Energi 

Kandungan zat besi yang terdapat pada rumput laut dipercaya dapat membantu memenuhi kebutuhan energi tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Kurangnya zat besi dapat menyebabkan anemia, sehingga Anda menjadi mudah lesu dan lemah. Perlu diketahui, dalam semangkuk rumput laut mengandung 1,1  atau 0,8 mg zat besi. Memasukkan rumput laut ke dalam makanan sehari-hari bisa membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian.  

4. Membantu Penurunan Berat Badan 

Bentuk serat larut yang ditemukan dalam rumput laut adalah alginat. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa bioaktif tersebut meningkatkan rasa kenyang dengan menunda pengosongan lambung, sehingga dapat membantu mengurangi asupan makanan. Selain itu, rumput laut juga mengandung protein yang dapat menimbulkan rasa kenyang. Oleh karena itu, tumbuhan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membantu menahan rasa lapar, terutama saat menjalankan program penurunan berat badan. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Antibiotik yang Ampuh untuk Atasi Radang Amandel

5. Menstabilkan Gula Darah 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: