Menjadi Gerakan Bersama, Pemerintah Canangkan Penimbangan Bulanan Nasional Terintegras

Menjadi Gerakan Bersama, Pemerintah Canangkan Penimbangan Bulanan Nasional Terintegras

Menjadi Gerakan Bersama, Pemerintah Canangkan Penimbangan Bulanan Nasional Terintegras-Foto: Ist-

BACA JUGA:Bakal Bangun Gedung Arsip Pertanahan

Menko PMK Prof. Muhadjir Effendy menjelaskan gerakan timbangan bulanan nasional merupakan implementasi dari arahan presiden terkait dengan pembangunan manusia Indonesia.

Gerakan timbangan bulanan ini penting dilakukan untuk mendapatkan feedback secepatnya pada anak stunting. Stunting ini sebenarnya bagian dari visi presiden dalam pembangunan nasional, katanya.

Dari sisi pemerintahan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan isu stunting harus dinaikkan terlebih dahulu kemudian bisa dianggarkan. Kalau sudah dianggarkan maka program stunting harus dijalankan.

Namun tantangannya, ke depan akan menghadapi tahun politik. Tito menjelaskan tahun politik bisa dimanfaatkan sebagai upaya percepatan penurunan stunting.

BACA JUGA:Arema Dikandaskan Persik Kediri, Sinyal Buruk Adilson Maringa

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo menambahkan ada 5 pilar transformasi dalam upaya pembangunan manusia, antara lain pilar pertama adalah komitmen, pilar kedua adalah pencegahan stunting melalui edukasi, pilar ketiga harus bisa melakukan konvergensi, pilar keempat menyediakan pangan yang baik, dan pilar kelima melakukan inovasi terobosan dan data yang baik.

''Gerakan penimbangan bulanan menjawab tantangan percepatan penurunan stunting. Inilah pilar yang kami tegakkan dan kami terima kasih kepada seluruh kementerian/ lembaga yang mendukung,'' tambah Hasto.(*)

 

Berita ini telah tayang dilaman kemkes.go.id dengan judul: Penimbangan Bulanan Anak Cegah Stunting jadi Gerakan Nasional

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: