Mirwansyah: Anak-Anak Panti Sudah di Pindahkan

Mirwansyah: Anak-Anak Panti Sudah di Pindahkan

Dinsos Provinsi Sumsel, Mirwansyah saat diwawancarai diruang kerjanya, Senin, 27 Februari 2023-Maulana-Pagaralampos.com

PALEMBANG, PAGARALAMPOS.COM - Viral video kekerasan terhadap anak-anak panti asuhan yang dilakukan oleh seorang lelaki yang diduga pengurus panti tersebar di Instagram

Diketahui panti asuhan itu bernama Fisabilillah Al-Amin yang berlokasi di Lorong Bunga, Jalan Mangkubumi, Kelurahan 3 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, Palembang. 

Karena adanya kejadian tersebut maka anak-anak di panti asuhan tersebut sudah dipindahkan. 

"Untuk anak-anak panti sudah dipindahkan ke panti yang ada di daerah KM 5," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel Mirwansyah, Senin 27 Februari 2023.

BACA JUGA:ITPa Bersiap Naik Level Jadi Universitas

Lebih lanjut ia mengatakan, ada 18 anak di panti asuhan tersebut dan kini sudah dipindahkan. Untuk kondisi anak sehat-sehat tidak ada permasalahan. 

"Hanya memang masih ada trouma dan kita lakukan tindakan trauma healing agar kejadian tersebut tidak terus teringat di memori," ungkapnya

Mirwansyah menjelaskan, bahwa panti asuhan Fisabilillah ini terdaftar dan resmi. Namun dari tahun ke tahun bukan meningkat melainkan menurun, yang tadinya akreditasi b jadi c. 

"Panti tersebut memang melayani panti asuhan untuk anak yatim piatu. Kita juga tidak menyangka sampai terjadi ada tindakan kekerasan di panti tersebut," katanya.

BACA JUGA: Kementerian Dalam Negeri Komitmen Bangun SDM Satpol PP BerAKHLAK di Era VUCA

Terlebih anak tersebut difabel yang  perlu perhatian khusus. Apalagi anak tersebut banyak ketergantungannya, dan perlu pendampingan khusus. 

"Untuk itu kita sudah berkoordinasi dengan Kementerian Sosial, karena yang memberikan penilaian untuk sertifikasi Kemensos untuk meninjau ulang panti yang ada, terutama di Palembang," katanya

Sementara itu terkait pelaku yang mengidap HIV, menurut Mirwansyah antara HIV dengan tindakan kekerasan tidak ada hubungannya.  Sebab HIV menularnya dilakukan secara langsung,  sedangkan kekerasan tidak menularkan. 

"Untuk panti asuhan di palembang ini totalnya ada 114 panti asuhan. Kalau di Sumsel totalnya ada ratusan," katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: