Majukan Pengembangan Objek Wisata Melalui Program Perhutanan Sosial

Majukan Pengembangan Objek Wisata Melalui Program Perhutanan Sosial

Foto: Fahmi/Pagaralampos.com AGROFORESTRY: Keberadaan Agroforestry Kibuk 94, berlokasi di kawasan Area Gunung Dempo, Dusun unung Agung Pauh, menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan ke Kota Pagar Alam.--

 

PAGAR ALAM,, PAGARALAMPOS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam mendukung penuh keberadaan Wisata Agroforestry 94, yang dikelola Kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKm) Kibuk dan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) berlokasi di kawasan Area Gunung Dempo, Dusun Gunung Agung Pauh, Kelurahan Agung Lawangan, Kecamatan Dempo Utara.

 

Walikota Pagaralam Alpian Maskoni, SH dalam hal ini diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kota Pagaralam Brilian Aristofani melalui Kabid Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Pariwisata Marta Dianata menyampaikan, dukungan atas peresmian salahsatu Hkm berada di wilayah Kecamatan Dempo Utara.

“Pemkot sangat mendukung segala bentuk kegiatan wisata, yang dapat memajukan dan mengembangkan objek wisata, sekaligus turut mendukung upaya Pemkot menjadikan Pagaralam sebagai tujuan wisata dengan menerapkan prinsip kelestarian hutan,” ujarnya.

Sementara itu, Heri Mulyono Ketua KPX X Dempo dalam Sam menegaskan, tujuan dari Hkm ini adalah untuk mengembalikan lagi posisi hutan, bukan tujuan Hkm ini kalau untuk membuka ladang, hutan apa? Hutan yang bermanfaat seperti penanaman pohon kopi, alpukat, nangka dan lain-lain.

BACA JUGA:Pengembangan di Sektor Wisata, Percepat Pemulihan Ekonomi dan Postensi Daerah

Dikatakan Ketua KUPS Wisata Agrofrestry 94, Niandi Puspito melalui Sekretaris Rusi, didampingi Ketua HKm Kibuk, Boedi dan Korlap wisata agroforestry kibuk 94, Burni Husin menuturkan, selain mengembangkan Wisata Agorforesty Kibuk 94, pihaknya menjalankan Program pehutanan sosial bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui pola pemberdayaan dengan tetap berpedoman pada aspek kelestarian.*

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: