Silvia Chika Ngidam Bertemu Ganjar Terkabul

Silvia Chika Ngidam Bertemu Ganjar Terkabul

---jatengprov.go.id -jatengprov.go.id

CILACAP, PAGARALAMPOS.COM -Chika yang tengah hamil sembilan bulan itu, mendapat suntikan semangat dan pesan untuk menjaga kandungannya hingga lahir, dari Gubernur berambut putih itu.

Di balik pengalaman itu, Chika ternyata memang ngidam bertemu Ganjar Pranowo. Sehari sebelumnya, ia mengutarakan ingin bertemu Gubernur Jawa Tengah dua periode itu pada suaminya, Nanang Setiawan.

Kunjungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam memantau pelaksanaan program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5Ng) di Kabupaten Cilacap, beberapa waktu, menyisakan cerita yang tak terlupakan bagi Silvia Achika.

Sementara, Bidan Desa Karangsari, Apri Yuanitha Eka Hargina mengatakan, program 5NG sangat luar biasa. Bukan hanya menyelamatkan bayi dan ibu, tapi juga menyelamatkan generasi muda bangsa.

BACA JUGA:Kemendikbudristek Ciptakan Penulis Karya Sastra Muda

“Jadi, kami mendampingi ibu-ibu hamil dan balita. Mulai dari pendataan, pemantauan, serta penanganan, jika ada yang risiko tinggi,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan 5NG, bidan bekerja sama dengan kader kesehatan dan pemerintah desa.

“Kami juga dibantu kader kesehatan dan pemdes. Sehingga ibu hamil dan bayi bisa sehat dan selamat,” tandasnya.

Diketahui, program 5NG yang dicanangkan Gabernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sangat efektif menurunkan angka kematian ibu. Dari data Dinas Kesehatan setempat, angka kematian ibu di Jateng menurun drastis dari 199 per 100.000 kelahiran hidup di tahun 2021, menjadi 84,60 per 100.000 kelahiran hidup di tahun 2022. 

BACA JUGA:Begitu Antusias Peserta FTBIN 2023 Kunjungi Taman Mini Indonesia Indah

Saat itu, Ganjar menemui puluhan ibu-ibu hamil di balaidesa Karangsari, Kecamatan Adipala. Dengan mengenakan pakaian adat Jawa, Ganjar langsung mengajak ngobrol Chika, begitu akrab disapa, yang duduk bersama ibu-ibu yang lainnya.

Chika yang tengah hamil sembilan bulan itu, mendapat suntikan semangat dan pesan untuk menjaga kandungannya hingga lahir, dari Gubernur berambut putih itu.

Di balik pengalaman itu, Chika ternyata memang ngidam bertemu Ganjar Pranowo. Sehari sebelumnya, ia mengutarakan ingin bertemu Gubernur Jawa Tengah dua periode itu pada suaminya, Nanang Setiawan.

“Sebelumnya memang saya sudah bilang ke suami kalau pingin ketemu Pak Ganjar. Alhamdulillah keesokan harinya dapat undangan ke balai desa, katanya Pak Gubernur mau berkunjung ke balai desa,” kisah Chika, saat ditemui dirumahnya, baru-baru ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jatengprov.go.id