Bunda, Ternyata ini Manfaat Mendengarkan Musik Saat Hamil

Bunda, Ternyata ini Manfaat Mendengarkan Musik Saat Hamil

Bunda, Ternyata ini Manfaat Mendengarkan Musik Saat Hamil-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - mungkin sering mendengar bahwa mendengarkan musik klasik untuk ibu hamil dapat membantu perkembangan otak janin. 

Tapi, ternyata ada banyak manfaat lainnya, lho yang bisa didapat.

Untuk menyambut kehadiran bayi, Moms pasti telah banyak melakukan banyak persiapan, termasuk memaksimalkan perkembangannnya sejak dalam kandungan.

Alunan irama dalam musik diketahui dapat memengaruhi pikiran dan suasana hati setiap orang yang mendengarkannya, termasuk ibu hamil. Perubahan hormon yang dialami ibu hamil pada masa kehamilan menimbulkan berbagai keluhan, termasuk rasa cemas dan suasana hati yang tidak stabil.

Beredar pula anggapan bahwa mendengarkan musik saat hamil baik untuk perkembangan janin. Bahkan, tidak jarang yang menganggap satu jenis musik tertentu bisa membuat janin lebih pintar kelak.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Antibiotik yang Ampuh untuk Atasi Radang Amandel

Namun, hingga kini, para ahli belum dapat membuktikan bahwa memperdengarkan musik pada janin dapat menjadikannya lebih pintar. Meski demikian, mendengarkan musik saat hamil dapat memberikan beragam manfaat bagi ibu hamil.

Manfaat Mendengarkan Musik Saat Hamil

Ada beberapa manfaat mendengarkan musik saat hamil yang dapat Bumil peroleh, yaitu:

1. Meredakan stres dan cemas

Proses kehamilan sering kali menimbulkan stres dan rasa cemas, terutama bagi wanita yang baru pertama kali hamil. Stres dapat meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah.

BACA JUGA:Waw, Ternyata Minum Air Hangat di Pagi Hari Banyak Manfaatnya

Tidak hanya itu, stres atau bahkan depresi yang dirasakan ibu hamil juga bisa berdampak pada bayi saat lahir kelak, seperti meningkatkan risiko anak terkena ADHD dan bahkan berdampak pada perkembangan kognitifnya.

Mendengarkan musik bisa menjadi solusi bagi ibu hamil untuk mengatasi stres saat hamil. Studi mengungkapkan bahwa mendengarkan musik berirama pelan dan lembut dapat mengurangi stres, kecemasan, dan depresi pada ibu hamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: