Kenali Ciri-ciri Orang Hamil dari Bentuk Badannya

Kenali Ciri-ciri Orang Hamil dari Bentuk Badannya

Kenali Ciri-ciri Orang Hamil dari Bentuk Badannya -Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Setiap ibu hamil yang sedang hamil itu unik ya, Bu. Sebagian besar ibu hamil merasakan berbagai perubahan fisik di tubuhnya di masa kehamilannya, seperti perubahan bentuk perut yang terasa sejak saat hamil muda. Tetapi ada juga tidak menyadari bahwa ia sedang hamil sebab masih beberapa minggu. 

Biasanya, bentuk perut ibu hamil akan berubah ketika hamil. Bentuk perutnya akan terlihat membuncit dari biasanya. Secara umum, perut ibu hamil akan lebih menonjol, tinggi, dan kencang seiring bertambahnya usia kehamilan.

Berbagai Ciri-Ciri Orang Hamil dari Bentuk Badannya

Pada awal kehamilan, ibu hamil mungkin belum merasakan ciri-ciri hamil dari bentuk badan. Namun, seiring berjalannya waktu, terjadi beberapa perubahan pada tubuh. Berikut ini adalah berbagai ciri-cirinya:

1. Perut membesar

Seiring dengan perkembangan janin di dalam rahim, perut ibu hamil juga akan terlihat makin besar. Perubahan ini biasanya baru terlihat pada trimester kedua, karena perubahan pada perut tidak selalu terjadi dari trimester pertama.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Antibiotik yang Ampuh untuk Atasi Radang Amandel

Setiap ibu hamil memiliki keunikan pada besarnya perut masing-masing. Kondisi ini dipengaruhi oleh tinggi badan, berat badan, massa otot, waktu kehamilan, dan ukuran janin. Jadi, Bumil tidak bisa saling membandingkan kondisi kehamilan satu sama lain.

2. Payudara membesar

Selain perut, payudara juga menjadi salah satu bagian tubuh yang mengalami perubahan signifikan selama masa kehamilan. Pada trimester awal, ibu hamil akan merasakan payudaranya membesar karena kelenjar dan saluran susu mulai aktif berkembang.

Ketika mendekati waktu persalinan, payudara akan terasa makin penuh, berat, dan kencang. Sebagian ibu hamil juga mulai mengeluarkan kolostrum atau cairan yang pertama kali keluar dari payudara. Seiring dengan perubahan payudara ini, ibu hamil sebaiknya menggunakan bra yang nyaman.

3. Berat badan bertambah

Seiring dengan bagian perut dan payudara yang membesar, berat badan ibu hamil pun akan meningkat. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh pertumbuhan bayi dan cadangan lemak yang dipersiapkan untuk memproduksi ASI ketika bayi lahir.

BACA JUGA:Tips Atasi Sakit Kepala Ketika Sedang Haid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: