Tips Memilih Tabir Surya yang Tepat dan Sesuai dengan Jenis Kulitmu

Tips Memilih Tabir Surya yang Tepat dan Sesuai dengan Jenis Kulitmu

Tips Memilih Tabir Surya yang Tepat dan Sesuai dengan Jenis Kulitmu-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Sinar matahari memang jadi salah satu musuh bebuyutan kita, khususnya buat kaum perempuan. Selain sinar matahari yang bikin gerah dan panas, efek sinar matahari yang berlebihan juga tidak bagus untuk kesehatan kulit. Salah satunya adalah membuat kulit menjadi nampak kusam bahkan menghitam. Maka nggak heran saat cuaca panas, barang-barang seperti jaket, topi, payung dan penutup lainnya jadi barang wajib untuk melindungi diri dari sengatan sinar matahari tersebut.

Penggunaan tabir surya sangat dianjurkan, terutama saat Anda melakukan kegiatan di luar ruangan pada siang hari agar kulit terlindung dari paparan sinar ultraviolet (UV).

Namun, memilih dan menggunakan tabir surya tidak boleh sembarangan. Berikut ini adalah beberapa tips memilih tabir surya yang tepat:

1. Pilihlah tabir surya berlabel broad spectrum

Label broad spectrum pada tabir surya menunjukkan bahwa tabir surya ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet A (UVA) dan sinar ultraviolet B (UVB). Paparan sinar UVA dan UVB yang berlebihan sama-sama menyebabkan kerusakan pada kulit.

BACA JUGA:Cara Efektif Menghilangkan Stretch Mark

Sinar UVA bisa menyebabkan penuaan dini kulit dan kulit keriput, sedangkan sinar UVB bisa menyebabkan kulit terbakar. Selain itu, baik sinar UVA maupun UVB sama-sama berpotensi menyebabkan kanker kulit.

2. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih

Tingkat SPF (Sun Protection Factor) merupakan hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih tabir surya. Jumlah kandungan SPF akan memengaruhi seberapa lama proteksi tabir surya tanpa kulit mengalami sunburn.

Guna mendapatkan perlindungan yang baik dari sinar matahari, Anda disarankan untuk memilih tabir surya dengan kandungan SPF 30 atau lebih. Tabir surya dengan SPF 30 mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV hingga 97%.

BACA JUGA:Bunda, kamu harus Tau Penyebab dan Cara Mengatasi Muntaber Pada Anak

Semakin tinggi nilai SPF pada tabir surya, semakin lama efek perlindungannya pada kulit. Sebaliknya, semakin kecil nilai SPF pada tabir surya, semakin rendah pula manfaatnya untuk melindungi kulit dari pajanan sinar matahari, penuaan dini, dan risiko terjadinya kanker.

3. Cermati bahan dan kandungan dalam tabir surya

Untuk mendapat hasil yang maksimal dalam melindungi kulit dari paparan radiasi UV, Anda disarankan untuk menggunakan tabir surya yang mengandung beberapa bahan pendukung, seperti seng oksida, avobenzon, oksibenzon, titanium dioksida, atau memoryl SX.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: