Kemenkes Belum Berani Pastikan Pandemi Berakhir Agustus 2023

Kemenkes Belum Berani Pastikan Pandemi Berakhir Agustus 2023

Suasana terkini Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (26/12/2022). Operasional Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet bakal dihentikan pada 31 Desember menyusul kasus Covid-19 di indonesia yang jumlah p-Foto: net-jawapos.com

JAKARTA,PAGARALAMPOS.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) belum mengetahui waktu pasti dicabutnya status pandemi Covid-19 di Indonesia. Hal itu menyusul wacana status pandemi akan berakhir bulan Agustus 2023 di Tanah Air.

“Soal pencabutan (status pandemi), untuk waktunya, tidak ada kepastian,” ujar juru bicara Kemenkes Mohamad Syahril dalam konferensi pers virtual, Senin 20 Februari 2023.

Syahril menjelaskan, pencabutan status pandemi Covid-19 mesti melalui persetujuan World Health Organization (WHO). Sebab, ia mengatakan bahwa yang berwenang menyatakan Covi-19 tak lagi menjadi darurat kesehatan global adalah WHO.

Namun begitu, WHO beberapa waktu lalu memang pernah menyebut status pandemi berakhir tahun 2023. Hanya saja, pernyataan tersebut belum secara detail menyebutkan waktunya.

BACA JUGA:Sebanyak 1.419 Masyarakat Rasakan Manfaat Program KUR

“Pencabutan pandemi kewenangan WHO. Semoga bisa cabut kedaruratan dulu di Indonesia karena saat ini masih kedaruratan,” kata Syahril.

Lebih jauh lagi, ia juga menjelaskan WHO memiliki parameter yang mesti dilalui suatu negara jika ingin selesai dengan status pandemi, yaitu perkembangan kasus Covid-19 sudah sangat terkendali, tingkat keterisian pasien Covid-19 di rumah sakit dan angka kematiannya rendah, dan mayoritas masyarakat sudah menjalani vaksinasi booster.

“Bukan hanya Indonesia, tapi bangsa lain pun bisa dicabut apabila parameter-parameter bisa terkendali. Jadi, dibutuhkan peran semua pihak bahwa vaksinasi booster itu dalam mengakhiri pandemi ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengungkapkan bahwa pemerintah memproyeksikan status pandemi Covid-19 dicabut Agustus 2023 mendatang.

BACA JUGA:Disiplin dan Pastikan Situasi Keamanan

“Agustus direncanakan pemerintah umumkan berakhirnya pandemi, vaksinasi gratis dilanjutkan sampai Desember khusus PBI (Penerima Bantuan Iuran) yang lain sampai Agustus,” ujarnya, Selasa 14 Februari 2023.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawaapos.com